Wikipedia:Monganga afo/2022

Moroi ba Wikipedia

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas WMF telah dimulai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas telah dimulai dan akan berlangsung sampai 7 Februari 2022.

Pada permohonan pendapat kali ini, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengambil pendekatan yang sedikit berbeda. Alih-alih mengajukan suatu proposal tertentu, proses permohonan ini akan berputar di sekitar beberapa pertanyaan kunci yang berasal dari umpan balik evaluasi pemilihan Dewan Pengawas pada tahun 2021. Tujuannya adalah untuk menciptakan perbincangan secara kolektif dan mengembangkan rencana baru secara kolaboratif.

Terdapat dua pertanyaan yang akan dibahas dalam permohonan pendapat ini:

  1. Bagaimanakah cara terbaik untuk menjamin keterwakilan yang lebih beragam di antara calon-calon yang terpilih menjadi anggota Dewan Pengawas? Dewan Pengawas mengenal pasti pentingnya menyeleksi calon yang mewakili keberagaman gerakan Wikimedia dengan baik. Proses sejauh ini menghasilkan sukarelawan yang terpilih dari negara-negara Eropa dan Amerika Utara.
  2. Apa yang perlu diharapkan dari para calon selama pemilihan? Para calon anggota Dewan Pengawas biasanya menyelesaikan pernyataan pencalonan dan menjawab pertanyaan dari komunitas. Bagaimanakah caranya sebuah pemilihan dapat menyediakan wawasan yang tepat mengenai para calon, sekaligus menegaskan status para calon sebagai sukarelawan?

Terdapat satu pertanyaan tambahan yang dapat dijawab selama proses permohonan pendapat ini mengenai proses seleksi. Pertanyaan ini masih dibincangkan, namun Dewan Pengawas ingin membagikannya dalam waktu dekat. Harapannya, jika ada pertanyaan tambahan, pertanyaan tersebut akan sudah dapat dibagikan pada minggu pertama permohonan pendapat.

Mari sertai perbincangan ini!

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 11 Yanuari 2022 10.15 (WIB)

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan #5[bulö’ö kode]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 5, Januari 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi kelima Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan (sebelumnya bernama Nawala Kode Etik Universal)! Nawala ini mengabarkan acara dan pembaruan terbaru mengenai Piagam Gerakan, Kode Etik Universal, Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas WMF, dan topik MSG yang relevan lainnya.

Nawala ini akan terbit empat bulan sekali, sementara Warta juga akan diterbitkan setiap pekan atau setiap dua pekan. Harap berlangganan di sini jika Anda berminat untuk mendapatkan kabar terbaru.

  • Permohonan Pendapat mengenai Pemilihan Dewan Pengawas - Kami mengundang Anda untuk memberikan tanggapan tentang pemilihan Dewan Pengawas WMF mendatang. Permohonan pendapat ini dimulai pada 10 Januari 2022 dan akan berakhir pada 7 Februari 2022. (lanjut baca)
  • Ratifikasi Kode Etik Universal - Pada tahun 2021, WMF meminta pendapat komunitas tentang bagaimana menegakkan teks kebijakan Kode Etik Universal. Draf pedoman penegakan yang direvisi akan siap untuk pemungutan suara komunitas pada bulan Maret. (lanjut baca)
  • Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan - Sembari kami terus meninjau beberapa proposal yang menarik, kami mendorong dan menyambut lebih banyak proposal dan ide yang menargetkan inisiatif spesifik dari rekomendasi Strategi Gerakan. (lanjut baca)
  • Arah Baru untuk Nawala Ini - Sejak Nawala UCoC beralih ke Nawala MSG, bergabunglah dengan tim fasilitasi dalam membayangkan dan memutuskan arah baru untuk nawala ini. (lanjut baca)
  • Blog Diff - Lihat publikasi terbaru tentang UCoC di Wikimedia Diff. (lanjut baca)

RamzyM (WMF) 14 Yanuari 2022 14.17 (WIB)

Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan: berikan pendapat Anda[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Pada saat ini, tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia sedang bekerja untuk membentuk sebuah Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan yang bersifat global dan dipandu oleh komunitas. Tujuan kelompok ini adalah untuk memberikan nasihat dan pertimbangan pada kerja-kerja pembinaan kepemimpinan.

Tim kami memohon pendapat Anda mengenai apa yang sebaiknya menjadi jangkauan kerja dan tanggungjawab Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan. Halaman Meta ini memuat proposal dan bagaimana caranya Anda dapat berpartisipasi. Periode permohonan pendapat akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 25 Februari 2022.

Teriring salam,
RamzyM (WMF) 9 Februari 2022 18.58 (WIB)[tema li]

Kabar terbaru mengenai proses peninjauan Pedoman Penegakan Kode Etik Universal[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah menerbitkan pernyataan mengenai proses ratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC).

Kode Etik Universal (UCoC) merupakan dasar perilaku yang dapat diterima dalam gerakan Wikimedia. UCoC dan Pedoman Penegakannya dirumuskan oleh sebuah komite yang beranggotakan staf dan relawan setelah melalui proses permohonan pendapat dari komunitas.

Pedoman yang telah diubah diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2022, memuat langkah yang diusulkan untuk menerapkan kebijakan ini secara meluas dalam gerakan Wikimedia. Terdapat daftar perubahan yang dibuat atas pedoman ini setelah proses peninjauan rancangan. Masukan tentang pedoman dapat diberikan di halaman pembicaraan Pedoman Penegakan di Meta-wiki.

Untuk membantu memahami pedoman ini dan proses di balik perumusannya, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) akan menyelenggarakan sesi jam kerja terbuka pada tanggal 4 Februari 2022 pukul 15:00 UTC, 25 Februari 2022 pukul 12:00 UTC, dan 4 Maret 2022 pukul 15:00 UTC. Mari bergabung untuk berinteraksi dengan tim proyek UCoC dan anggota Komite Perumus tentang pedoman yang diperbarui dan proses pemungutan suara yang akan diselenggarakan.

Lini masa proses UCoC tersedia di Meta-wiki. Periode pemungutan suara akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 21 Maret 2022. Semua pemilih yang memenuhi syarat akan memiliki kesempatan untuk mendukung atau menentang penerapan Pedoman Penegakan serta memberikan masukan mereka. Lihat halaman informasi pemungutan suara untuk rincian lebih lanjut.

Anggota komunitas dari seluruh penjuru gerakan Wikimedia telah memberikan masukan-masukan yang berharga dalam proses yang sedang berlangsung ini. Tim UCoC dan MSG ingin berterima kasih kepada Komite Perumus dan anggota komunitas atas kontribusi yang mereka berikan dalam proses ini.

Hormat kami,

Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan
Yayasan Wikimedia

Ramzy(WMF) 12 Februari 2022 23.36 (WIB)[tema li]

Sesi perbincangan terbuka pada tanggal 25 Februari dan 4 Maret[bulö’ö kode]

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka mengenai ratifikasi pedoman penegakan Kode Etik Universal pada tanggal 25 Februari 2022 jam 12:00 UTC (19:00 WIB / 20:00 WITA / 21:00 WIT) dan 4 Maret 2022 jam 15:00 UTC (22:00 WIB / 23:00 WITA / 00:00 WIT).

Harap daftarkan diri Anda untuk menyertai perbincangan dengan tim proyek dan komite perumus. Anda dapat membaca terlebih dahulu ringkasan sesi perbincangan tanggal 4 Februari 2022. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kirim surel ke msg(_AT_)wikimedia.org atau ucocproject(_AT_)wikimedia.org

Salam, RamzyM (WMF) (talk) 22 Februari 2022 10.48 (WIB)[tema li]

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas WMF telah selesai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah selesai. Permohonan pendapat ini berlangsung dari tanggal 10 Januari hingga 16 Februari 2022 dan berfokus pada tiga pertanyaan kunci. Permohonan pendapat ini dibincangkan secara intensif di Meta-wiki, dalam pertemuan dengan organisasi mitra lokal Wikimedia, dan dalam kanal perbicangan komunitas lainnya. Komunitas dan mitra lokal Wikimedia telah mengajukan beberapa proposal dan poin diskusi. Anda dapat membaca laporan mengenai permohonan pendapat ini di Meta-wiki.

Sari diskusi akan disampaikan kepada Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan yang tengah mengambil keputusan mengenai bentuk pemilihan Dewan Pengawas mendatang. Dewan Pengawas akan merilis suatu pengumuman setelah meninjau laporan mengenai permohonan pendapat ini.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua Wikimedian yang telah berpartisipasi dalam permohonan pendapat dan turut serta menjadikan proses pemilihannya lebih baik lagi.

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 3 Maret 2022 15.41 (WIB)[tema li]

Undangan untuk mengikuti acara Perbincangan Global tentang Hub pada 2022-03-12 pukul 13:00 UTC[bulö’ö kode]

Halo!

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia mengundang Anda untuk mengikuti acara perbincangan global mengenai hub tematik dan regional. Pada saat ini, gerakan Wikimedia sedang berusaha untuk menyamakan pandangan mengenai bagaimana keduanya mesti terbentuk. Acara pada bulan November tahun lalu merupakan suatu awal yang baik (baca laporannya di sini), namun tentu saja proses ini belum selesai.

Dalam beberapa pekan terakhir, kami melakukan lebih kurang 16 sesi wawancara dengan kelompok yang sedang berupaya untuk membentuk suatu Hub (lihat Dialog Hub). Wawancara ini menjadi bahan pelajaran untuk sebuah laporan yang akan menjadi dasar diskusi pada tanggal 12 Maret mendatang. Kami akan menerbitkan laporan ini pada tanggal 9 Maret.

Acara ini akan digelar pada tanggal 12 Maret dari pukul 13:00 hingga 16:00 UTC di Zoom. Kami akan menyediakan interpretasi ke dalam bahasa Perancis, Spanyol, Arab, Rusia, dan Portugis. Pendaftaran ditutup tanggal 10 Maret. Anda diundang untuk mendaftar. Informasi lebih lanjut di Meta-wiki.

Salam hangat,

Kaarel Vaidla
Tim Strategi Gerakan

7 Maret 2022 16.57 (WIB)

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan UCoC dibuka dari 7 Maret hingga 21 Maret 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Proses pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC) telah dibuka! Pemungutan suara ini akan berlangsung di SecurePoll mulai 7 Maret 2022 hingga 21 Maret 2022. Silakan baca halaman informasi untuk pemilih dan syarat memilih.

Kode Etik Universal (UCoC) adalah kebijakan dasar perilaku yang dapat diterima untuk gerakan Wikimedia. Versi dari pedoman penegakan yang telah direvisi diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2022 sebagai untuk menerapkan kebijakan UCoC dalam gerakan Wikimedia. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proyek UCoC di sini.

Anda juga dapat memberikan komentar pada halaman pembicaraan di Meta-wiki dalam bahasa apapun. Hubungi tim kami melalui email: ucocproject(_AT_)wikimedia.org

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 11 Maret 2022 07.42 (WIB)[tema li]

Pendaftaran calon anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan dibuka (14 Maret-10 April 2022)[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semuanya,

Terima kasih kepada semua Wikimedian yang telah ikut serta memberi masukan tentang Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan. Anda dapat membaca ringkasan pendapat yang masuk di Meta-wiki. Masukan ini akan dibagikan dengan Kelompok Kerja untuk membantu pekerjaan mereka. Saat ini, pendaftaran untuk menjadi calon anggota Kelompok Kerja sudah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 10 April 2022. Harap baca informasi mengenai Kelompok Kerja ini, bagikan dengan anggota komunitas yang lain, dan mendaftarlah sebagai calon anggota.

Terima kasih,

Tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 14 Maret 2022 23.12 (WIB)[tema li]

Ikutilah perbincangan terbuka Ketahanan dan Keberlanjutan Komunitas bersama Maggie Dennis[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Tim Ketahanan dan Keberlanjutan Komunitas Yayasan Wikimedia akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka dengan Wakil Presiden Maggie Dennis.

Perbincangan ini meliputi topik-topik seperti Strategi Gerakan, tata kelola Dewan Pengawas, Keamanan, Kode Etik Universal, Pengembangan Komunitas, dan Hak Asasi Manusia. Anda diundang untuk mengikuti sesi ini serta mengajukan pertanyaan dan komentar! Anda dapat mengirimkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan sebelum sesi perbincangan dimulai.

Perbincangan ini akan berlangsung pada tanggal 24 Maret 2022 pukul 15:00 UTC (periksa waktu lokal Anda).

Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut di Meta-wiki.

Sampai jumpa di acara ini!

RamzyM (WMF) 21 Maret 2022 20.21 (WIB)[tema li]

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan UCoC telah selesai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Salam,

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC) telah selesai pada tanggal 21 Maret 2022. Lebih dari 2300 orang Wikimedian memberikan suaranya dari berbagai penjuru gerakan Wikimedia. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang telah ikut serta dalam proses ini. Tim pengawas saat ini sedang memeriksa suara yang masuk untuk memastikan keakuratannya; kami memperkirakan proses ini akan memakan waktu sekitar dua minggu.

Hasil akhir pemungutan suara akan diumumkan pada halaman ini beserta statistik yang relevan dan ringkasan dari semua komentar yang masuk, segera setelah semuanya dapat dirilis untuk publik. Harap baca halaman informasi untuk pemilih untuk mengetahui langkah selanjutnya setelah pemilihan ini. Anda dapat memberikan komentar pada halaman pembicaraan di Meta-wiki, dalam bahasa apa pun yang Anda inginkan. Anda juga dapat menghubungi tim proyek UCoC melalui surel di ucocproject(_AT_)wikimedia.org.

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 25 Maret 2022 08.29 (WIB)[tema li]

Mari mendaftar menjadi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan sebelum 10 April 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia saat ini tengah mendukung pemebntukan sebuah Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan yang bersifat global dan dimotori oleh komunitas. Tujuan adanya kelompok kerja ini adalah untuk memberikan nasihat mengenai kerja-kerja pembinaan kepemimpinan dalam gerakan Wikimedia. Masukan dari komunitas mengenai tata kerja kelompok ini telah diterima pada bulan Februari 2022, dan Anda dapat membaca ringkasan masukan yang diterima di Meta-wiki. Periode pendaftaran untuk menjadi anggota kelompok ini sudah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 10 April 2022. Harap baca informasi lebih lanjut mengenai kelompok kerja ini, bagikan dengan anggota komunitas Anda yang mungkin tertarik, atau daftarkan diri Anda.

Salam,

Tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 31 Maret 2022 20.55 (WIB)[tema li]

Ikuti perbincangan mengenai Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia bersama Maryana Iskander[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Salam,

Tim Komunikasi Komunitas dan Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang Anda untuk membincangkan Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia 2022-23, yaitu rencana penyelenggaraan kerja Yayasan Wikimedia untuk masa kerja satu tahun ke depannya.

Perbincangan ini merupakan lanjutan dari "tur mendengar" Direktur Eksekutif Maryana Iskander.

Perbincangan ini akan membahas pertanyaan berikut ini:

  • Strategi Gerakan Wikimedia 2030 memandatkan "pengetahuan sebagai sebuah layanan" dan "keadilan pengetahuan" sebagai suatu arah. Yayasan Wikimedia merencanakan kerjanya untuk mencapai kedua arah tujuan ini. Menurut Anda, bagaimana Yayasan Wikimedia dapat menerapkan kedua arah ini dalam pekerjaannya?
  • Yayasan Wikimedia sedang terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya di tingkat wilayah. Kami telah mempertajam fokus di bidang tertentu seperti hibah, fitur baru, dan perbincangan komunitas. Apa yang sudah bekerja dengan baik? Apa yang dapat diperbaiki?
  • Semua orang dapat berkontribusi dalam proses Strategi Gerakan. Mari kumpulkan kegiatan, gagasan, permintaan, dan hal yang dapat dipelajari. Bagaimana Yayasan Wikimedia dapat mendukung para sukarelawan dan organisasi mitra lokal dengan lebih baik dalam aktivitas terkait Strategi Gerakan?

Jadwal perbincangan terlampir di Meta-wiki.

Bahan perbincangan akan tersedia dalam beberapa bahasa. Setiap sesi perbincangan terbuka untuk umum. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam beberapa sesi.

Salam hangat,

RamzyM (WMF) 14 April 2022 22.55 (WIB)[tema li]

Terima kasih pak atas Informasinya Yasanto Lase (talk) 15 April 2022 13.49 (WIB)[tema li]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan - Edisi 6[bulö’ö kode]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 6, April 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keenam Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan! Nawala ini mengabarkan acara dan pembaruan terbaru mengenai Piagam Gerakan, Kode Etik Universal, Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas WMF, dan topik MSG yang relevan lainnya.

Nawala ini akan terbit empat bulan sekali, sementara Berita Mingguan juga akan diterbitkan setiap pekan. Harap berlangganan di sini jika Anda berminat untuk mendapatkan kabar terbaru.

  • Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan - Pendaftaran untuk menjadi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan telah ditutup pada 10 April 2022. 12 orang anggota komunitas akan dipilih untuk berpartisipasi dalam kelompok kerja ini. (lanjutkan membaca)
  • Hasil ratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal - Pemungutan suara global tentang Pedoman Penegakan UCoC diadakan dari tanggal 7 hingga 21 Maret 2022 melalui SecurePoll. Lebih dari 2.300 pemilih yang memenuhi syarat dari setidaknya 128 proyek Wikimedia yang berbeda menyampaikan pendapat dan komentar mereka. (lanjutkan membaca)
  • Diskusi mengenai Hub - Percakapan Global tentang Hub wilayah dan tematik diadakan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022, dihadiri oleh 84 orang Wikimedian. (lanjutkan membaca)
  • Hibah Strategi Gerakan masih dibuka - Sejak awal tahun ini, enam proposal dengan nilai total sekitar $80.000 USD telah disetujui. Apakah Anda memiliki ide proyek untuk melaksanakan Strategi Gerakan? Hubungi kami! (lanjutkan membaca)
  • Komite Perumus Piagam Gerakan - Komite yang beranggotakan lima belas orang yang dipilih pada Oktober 2021 ini telah menyepakati nilai-nilai dan metode-metode penting untuk proses kerjanya, dan telah mulai membuat garis besar rancangan Piagam Gerakan. (lanjutkan membaca)
  • Memperkenalkan Berita Mingguan Strategi - Mari berkontribusi dan berlangganan! - Tim MSG baru saja meluncurkan format berita yang terhubung ke berbagai halaman Strategi Gerakan di Meta-wiki. Mari berlangganan mendapatkan berita terbaru tentang berbagai proyek yang sedang berlangsung. (lanjutkan membaca)
  • Blog Diff - Lihat publikasi terbaru tentang Strategi Gerakan di blog Diff. (lanjutkan membaca)

RamzyM (WMF) 16 April 2022 13.45 (WIB)[tema li]

Langkah selanjuntya mengenai Kode Etik Universal dan Pedoman Penegakannya[bulö’ö kode]

Komite Urusan Komunitas Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua orang yang telah berpartisipasi dalam pemungutan suara global mengenai Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC).

Sukarelawan pengawas telah menyelesaikan peninjauan atas hasil pemungutan suara dan melaporkan total suara yang masuk sebanyak 2,283 suara. Dari jumlah tersebut, total 1,338 (58.6%) anggota komunitas mendukung pengesahan Pedoman Penegakan, dan 945 (41.4%) menolak. Selain itu, 658 pemilih memberikan komentarnya, dengan 77% dari komentar yang masuk ditulis dalam bahasa Inggris.

Kami menyadari dan menghargai semangat dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh anggota komunitas dalam menciptakan budaya yang aman dan ramah yang menghentikan perilaku yang bermusuhan dan beracun, mendukung orang-orang yang menjadi sasaran perilaku tersebut, dan mendorong orang-orang yang beritikad baik untuk berkontribusi secara produktif dalam proyek-proyek Wikimedia.

Bahkan dalam tahap ini, hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar yang masuk. Pedoman Penegakan mencapai ambang batas dukungan yang diperlukan untuk ditinjau oleh Dewan Pengawas. Namun begitu, kami mendorong semua pemilih, terlepas dari apa yang mereka pilih, untuk memberikan masukan tentang elemen pedoman penegakan yang mereka rasa perlu diubah atau diperbaiki, beserta alasannya, jika pada akhirnya nanti diperlukan suatu periode revisi yang lebih lanjut untuk mengatasi hal-hal yang menjadi perhatian khusus dari komunitas.

Staf WMF yang bertugas meninjau komentar telah memberi tahu kami tentang beberapa tema yang muncul dari komentar yang masuk. Oleh karena itu, kami sebagai Komite Urusan Komunitas telah memutuskan untuk meminta WMF agar membentuk kembali suatu Komite Perumus dan mengadakan satu periode permohonan pendapat dari komunitas lagi menyempurnakan Pedoman Penegakan berdasarkan masukan yang diterima dari pemungutan suara yang baru saja selesai.

Untuk kejelasan, masukan-masukan ini telah dikelompokkan menjadi 4 bagian sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah oleh mereka yang bukan ahli;
  3. Menggali lebih dalam mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya;
  4. Untuk meninjau peran yang bertentangan mengenai privasi/perlindungan korban dan hak untuk didengar.

Isu-isu lain mungkin muncul selama percakapan berlangsung, dan khususnya ketika rancangan Pedoman Penegakan berkembang, tetapi kami melihat empat hal di atas sebagai isu-isu yang menjadi perhatian utama bagi para pemilih dan meminta staf untuk memfasilitasi peninjauan terhadap isu-isu ini. Setelah itu, WMF harus menjalankan kembali pemungutan suara komunitas untuk mengevaluasi Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk melihat apakah dokumen baru tersebut kemudian sudah siap untuk ratifikasi secara resmi.

Selanjutnya, kami menyadari kekhawatiran dengan catatan 3.1 dalam naskah kebijakan Kode Etik Universal. Kami mengarahkan WMF untuk memfasilitasi peninjauan atas bahasa yang digunakan pada bagian ini untuk memastikan bahwa naskah kebijakan UCoC akan memenuhi tujuan yang dimaksudkan untuk mendukung suatu komunitas yang aman dan inklusif, tanpa menunggu tinjauan menyeluruh atas UCoC pada akhir tahun.

Sekali lagi, kami berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam memikirkan dan memecahkan tantangan yang kritis dan sulit ini, serta berkontribusi untuk menciptakan pendekatan yang lebih baik demi terwujudnya kerja sama yang baik dalam gerakan Wikimedia.

Teriring salam,

Rosie

Rosie Stephenson-Goodknight (she/her)
Pelaksana Tugas Ketua, Komite Urusan Komunitas
Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 09.39 (WIB)[tema li]

Pendaftaran calon untuk pemilihan anggota Dewan Pengawas 2022 telah dibuka[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia membuka pendaftaran calon anggota untuk pemilihan tahun 2022. Baca pengumuman selengkapnya di Meta-wiki.

Pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai! Anda diundang untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Pengawas selanjutnya.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya Yayasan Wikimedia. Para anggota Dewan dipilih dari unsur komunitas dan mitra lokal serta unsur yang diangkat oleh Dewan sendiri. Setiap anggota bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun. Komunitas Wikimedia berhak untuk memilih para anggota Dewan dari unsur komunitas dan mitra lokal.

Komunitas Wikimedia akan memberikan suara untuk mengisi dua kursi di Dewan pada tahun 2022. Pemungutan suara ini adalah kesempatan untuk meningkatkan keterwakilan, keragaman, dan keahlian para anggota Dewan secara kolektif.

Siapa sajakan calon yang berpotensi? Apakah Anda salah satunya? Cari tahu lebih lanjut di halaman Pendaftaran Calon.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih.

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 22.47 (WIB)[tema li]

Panggilan sukarelawan: pemilihan anggota Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[bulö’ö kode]

<languages/> Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang anggota komunitas Wikimedia untuk menjadi sukarelawan pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia yang akan datang.

Gagasan mengenai program Sukarelawan Pemilihan diterapkan pada pemilihan Dewan Pengawas 2021. Ternyata, program ini cukup sukses; dengan bantuan para sukarelawan, kami dapat meningkatkan jangkauan dan partisipasi dalam pemilihan dengan tambahan sekitar 1.753 pemilih lebih banyak dibanding pemilihan tahun 2017. Total pemilih adalah sekitar 10.13% (peningkatan sebesar 1.1%) dan 214 proyek Wikimedia berbeda terwakili dalam pemilihan tersebut.

Pada pemilihan tahun 2017, tidak ada pemilih dari sekitar 74 proyek wiki. Pada pemilihan tahun 2021, proyek-proyek ini tercatat sudah memiliki pemilih. Apakah Anda ingin ikut serta melakukan perubahan seperti ini?

Para sukarelawan akan membantu dalam:

  • Menerjemahkan pesan-pesan pendek dan mengumumkan proses pemilihan yang sedang berjalan pada saluran percakapn komunitas
  • Pilihan: mengawasi saluran komunitas untuk menjaring komentar dan pertanyaan

Para sukarelawan mesti:

  • Mematuhi kebijakan ruang ramah selama perbincangan dan acara pemilihan
  • Mempresentasikan panduan dan informasi pemilihan kepada komunitas senetral mungkin

Apakah Anda ingin menjadi sukarelawan dan memastikan komunitas Anda terwakili dalam pemilihan tahun ini? Daftarkan diri Anda di sini untuk menerima pembaharuan. Anda dapat meninggalkan pesan atau pertanyaan mengenai penerjemahan di halaman pembicaraan.

Teriring salam,

RamzyM (WMF) 5 Mei 2022 17.17 (WIB)[tema li]

Pengumuman hasil seleksi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan[bulö’ö kode]

Rekan-rekan Wikimedian yang baik,

Menyambung kabar yang saya sampaikan sebelumnya mengenai Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan: the tim Pengembangan Komunitas telah menyelesaikan proses seleksi bagi para calon yang mendaftar. Denagn senang hati, kami mengumumkan lima belas orang sukarelawan yang akan menjadi anggota dan memulai pekerjaan pada kelompok kerja ini.

Atas kerja sama dan dukungan yang Anda berikan selama proses ini, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Atas nama tim Pengembangan Komunitas,

RamzyM (WMF) 12 Mei 2022 23.29 (WIB)[tema li]

Kabar terbaru mengenai proses perumusan Pedoman Penegakan Kode Etik Universal[bulö’ö kode]

Para Wikimedian yang baik,

Bersama pesan ini, saya ingin membagikan kabar terbaru mengenai proses perumusan Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC):

Anda dapat menghubungi saya langsung bila Anda punya pertanyaan mengenai proses ini.

Atas nama tim proyek UCoC,
RamzyM (WMF) 30 Mei 2022 19.57 (WIB)[tema li]

Pendaftaran calon anggota Dewan Pengawas 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Pendaftaran calon anggota Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah ditutup. Ada 12 (dua belas) orang anggota komunitas yang telah mendaftarkan diri. Pelajari lebih lanjut tentang para calon di sini.

Sekarang, Komite Analisis akan meninjau pernyataan para calon dengan membandingkannya pada matriks keterampilan dan kriteria tertentu untuk meningkatkan kapasitas Dewan, sebagaimana yang ditetapkan oleh Dewan Pengawas. Setelah Komite Analisis menyelesaikan tinjauan mereka, peringkat masing-masing calon akan dipublikasikan untuk tujuan memberikan informasi kepada pemilih.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemilihan Dewan Pengawas 2022, Anda dapat menemukan garis waktu, informasi pemungutan suara, dan cara-cara lain untuk terlibat di Meta-wiki.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih,

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 1 Yuni 2022 10.57 (WIB)

Berita Teknis: 2022-26[bulö’ö kode]

28 Yuni 2022 03.02 (WIB)

Berita Teknis: 2022-27[bulö’ö kode]

5 Yuli 2022 02.31 (WIB)

Tahap selanjutnya untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Pesan ini mencakup dua kegiatan mendatang untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022.

Pemilihan Dewan Pengawas akan memiliki Kompas Pemilihan untuk membantu para pemilih dalam proses pengambilan keputusan mereka. Pemilih yang memenuhi syarat dapat mengusulkan pernyataan sepanjang bulan Juli dan memberikan suara pada pernyataan mana yang akan digunakan dalam Kompas Pemilihan pada akhir bulan Juli. Silakan kunjungi halaman Kompas Pemilihan untuk informasi lebih lanjut.

Bergabunglah dalam percakapan dengan para calon anggota Dewan Pengawas 2022 pada 27 Juli hingga 7 Agustus. Setiap calon akan melakukan percakapan selama satu jam dengan komunitas. Setiap percakapan akan direkam dan tersedia untuk dilihat di masa mendatang. Interpretasi langsung akan tersedia pula. Bahasa yang tersedia akan diumumkan ketika tanggal percakapan sudah ditetapkan. Percakapan ini akan dijadwalkan dengan para calon setelah hasil seleksi oleh organisasi mitra lokal tersedia. Informasi ini akan dibagikan di halaman acara kampanye pemilihan Dewan Pengawas 2022.

Teriring salam,

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 11 Yuli 2022 08.17 (WIB)

Berita Teknis: 2022-28[bulö’ö kode]

12 Yuli 2022 02.24 (WIB)

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan - Edisi 7[bulö’ö kode]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 7, Juli-September 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi ke-7 Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan! Nawala ini memuat berita dan acara yang relevan tentang pelaksanaan rekomendasi Strategi Gerakan, topik relevan lainnya mengenai tata kelola gerakan Wikimedia, serta berbagai proyek dan kegiatan yang didukung oleh tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) dari Yayasan Wikimedia.

Nawala MSG dikirimkan setiap triwulan, sedangkan Movement Strategy Weekly akan dikirimkan setiap minggu. Harap berlangganan di sini jika Anda ingin menerima edisi mendatang.

  • Keberlanjutan: Laporan keberlanjutan tahunan Yayasan Wikimedia telah diterbitkan. (lanjutkan membaca)
  • Peningkatan pengalaman pengguna: perbaikan terbaru pada antarmuka desktop untuk proyek-proyek Wikimedia. (lanjutkan membaca)
  • Keamanan dan inklusi: pembaruan tentang proses revisi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal. (lanjutkan membaca)
  • Kesetaraan dalam pengambilan keputusan: laporan dari percakapan purwarupa Hub, kemajuan terbaru dari Komite Perumus Piagam Gerakan, dan kertas putih baru tentang masa depan partisipasi dalam gerakan Wikimedia. (lanjutkan membaca)
  • Koordinasi para pemangku kepentingan: peluncuran meja bantuan untuk organisasi mitra lokal dan komunitas relawan yang bekerja pada bidang kemitraan konten. (lanjutkan membaca)
  • Pengembangan kepemimpinan: pembaruan tentang proyek kepemimpinan oleh penggerak gerakan Wikimedia di Brasil dan Cape Verde. (lanjutkan membaca)
  • Manajemen pengetahuan internal: peluncuran portal baru untuk dokumentasi teknis dan sumber daya komunitas. (lanjutkan membaca)
  • Berinovasi dalam pengetahuan bebas: sumber daya audiovisual berkualitas tinggi untuk eksperimen ilmiah dan perangkat baru untuk merekam transkrip lisan. (lanjutkan membaca)
  • Evaluasi, iterasi, dan adaptasi: hasil dari percontohan proyek Equity Landscape. (lanjutkan membaca)
  • Berita dan pembaruan lainnya: forum baru untuk mendiskusikan pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia yang akan datang, siniar baru untuk mendiskusikan Strategi Gerakan, dan pergantian personil untuk tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan WMF. (lanjutkan membaca)

RamzyM (WMF) 18 Yuli 2022 11.33 (WIB)

Berita Teknis: 2022-29[bulö’ö kode]

19 Yuli 2022 05.59 (WIB)

Pengumuman enam calon untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Proses pemungutan suara organisasi mitra lokal pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah selesai. Perwakilan dari setiap mitra lokal mempelajari tentang para calon melalui peninjauan atas pernyataan mereka, jawaban para calon atas pertanyaan yang diberikan, dan mempertimbangkan peringkat calon yang diberikan oleh Komite Analisis. Calon anggota Dewan Pengawas 2022 yang terpilih adalah:

Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang hasil dan statistik dari pemilihan Dewan kali ini.

Mohon luangkan waktu sejenak untuk mengapresiasi para perwakilan organisasi mitra lokal dan anggota Komite Analisis yang telah mengambil bagian dalam proses ini dan membantu menumbuhkan kapasitas dan keragaman Dewan Pengawas. Jam-jam kerja sukarela inilah yang menghubungkan kita dalam perspektif dan kesepaham bersama. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Terima kasih kepada anggota komunitas yang mengajukan diri sebagai calon untuk Dewan Pengawas. Mempertimbangkan untuk maju bukanlah keputusan kecil. Para calon telah menyumbangkan waktu dan dedikasi dan menunjukkan komitmen mereka terhadap gerakan Wikimedia. Selamat kepada para calon yang telah terpilih untuk tahap berikutnya. Penghargaan dan rasa terima kasih yang besar disampaikan untuk para calon yang belum terpilih. Harap untuk terus berbagi buah kepemimpinan Anda dalam gerakan Wikimedia.

Terima kasih kepada Anda yang telah mengikuti tahap pemilihan oleh organisasi mitra lokal dalam pemilihan Dewan ini. Anda dapat meninjau hasil proses pemilihan ini.

Bagian selanjutnya dari proses pemilihan Dewan adalah periode pemungutan suara komunitas. Anda dapat melihat jadwalnya di sini. Untuk mempersiapkan tahap ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh anggota komunitas, yaitu:

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) 20 Yuli 2022 08.32 (WIB)

Berita Teknis: 2022-30[bulö’ö kode]

26 Juli 2022 02.26 (WIB)

Pilihlah pernyataan yang masuk untuk Kompas Pemilihan[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Dalam rangka pemilihan Dewan Pengawas 2022, Anda diundang untuk memberikan suara untuk pernyataan-pernyataan yang akan digunakan dalam Kompas Pemilihan. Anda dapat memberikan suara untuk pernyataan-pernyataan yang ingin Anda lihat dimasukkan ke dalam Kompas Pemilihan di Meta-wiki.

Kompas Pemilihan adalah alat untuk membantu para pemilih memilih calon yang paling sesuai dengan keyakinan dan pandangan mereka. Anggota komunitas akan mengusulkan pernyataan-pernyataan untuk dijawab oleh para calon dengan menggunakan skala Lickert (setuju/netral/tidak setuju). Jawaban para calon atas pernyataan-pernyataan tersebut akan dimasukkan ke dalam alat Kompas Pemilihan. Para pemilih akan dapat menggunakan alat ini dengan memasukkan jawaban mereka atas pernyataan-pernyataan tersebut (setuju/tidak setuju/netral). Hasilnya akan menunjukkan calon yang paling sesuai dengan keyakinan dan pandangan mereka.

Terlampir garis waktu untuk Kompas Pemilihan:

  • 8 - 20 Juli: Para Wikimedian mengusulkan pernyataan untuk Kompas Pemilihan
  • 21 - 22 Juli: Komite Pemilihan meninjau pernyataan untuk kejelasan dan menyingkirkan pernyataan yang bersifat di luar topik
  • 23 Juli - 1 Agustus: Para Wikimedian memberikan suara atas pernyataan yang masuk
  • 2 - 4 Agustus: Komite Pemilihan memilih 15 pernyataan teratas
  • 5 - 12 Agustus: para calon menyelaraskan diri dengan pernyataan-pernyataan yang masuk
  • 16 Agustus: Kompas Pemilihan dibuka untuk digunakan oleh para pemilih dalam memberikan suara mereka

Komite Pemilihan akan memilih 15 pernyataan teratas pada awal bulan Agustus.

Salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) 26 Juli 2022 15.38 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-31[bulö’ö kode]

2 Agustus 2022 04.21 (WIB)

Berita Teknis: 2022-32[bulö’ö kode]

9 Agustus 2022 02.49 (WIB)

Penundaan pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Saya menyampaikan informasi terbaru tentang waktu pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Seperti yang sudah Anda ketahui, tahun ini kami menawarkan Kompas Pemiliohan untuk membantu para pemilih mengidentifikasi keberpihakan para calon pada beberapa topik utama. Beberapa calon meminta perpanjangan batasan karakter pada tanggapan mereka yang memperluas pandangan mereka, dan Komite Pemilihan beranggapan bahwa alasan mereka selaras dengan tujuan proses yaitu untuk menciptakan pemilihan yang berkeadilan.

Untuk memastikan bahwa pernyataan-pernyataan yang lebih panjang dapat diterjemahkan pada waktunya untuk pemilihan, Komite Pemilihan dan Satuan Tugas Pemilihan Dewan memutuskan untuk menunda pembukaan pemilihan Dewan Pengawas selama satu minggu - waktu yang diusulkan sebagai waktu yang ideal oleh staf yang bekerja untuk mendukung pemilihan ini.

Meskipun kami tidak memperkirakan semua orang akan ingin menggunakan Kompas Pemilihan untuk membantu pengambilan keputusan pemungutan suara mereka, Komite Pemilihanmerasa lebih tepat untuk membuka periode pemungutan suara dengan dukungan terjemahan yang penting bagi anggota komunitas lintas bahasa untuk digunakan dalam hal pembuatan keputusan penting ini.

Pemungutan suara akan dibuka pada tanggal 23 Agustus pukul 00:00 UTC dan ditutup pada tanggal 6 September pukul 23:59 UTC.

Salam hangat,

Matanya, mewakili Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) 15 Agustus 2022 19.24 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-33[bulö’ö kode]

16 Agustus 2022 04.08 (WIB)

Berita Teknis: 2022-34[bulö’ö kode]

23 Agustus 2022 07.11 (WIB)

Masa pemberian suara komunitas untuk Dewan Pengawas telah dimulai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa berbeda di Meta-Wiki.

Halo semuanya,

Masa pemilihan komunitas untuk Pemilihan Dewan Pengawas 2022 sekarang telah dimulai. Di bawah ini merupakan beberapa pranala yang bergunan untuk memberikan informasi yang Anda butuhkan terkait pemilihan ini.

Jika Anda telah siap untuk memilih, Anda dapat mengunjungi halaman pemilihan di SecurePoll. Anda dapat memilih dari tanggal 23 Agustus sampai 6 September 2022 pada jam 23:59 UTC. Untuk memeriksa apakah Anda berhak untuk memilih, Anda dapat mengunjungi halaman tentang syarat memilih.

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Satuan Tugas Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) 23 Agustus 2022 23.34 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-35[bulö’ö kode]

30 Agustus 2022 06.04 (WIB)

Mari bergabung di Movement Strategy Forum[bulö’ö kode]

Halo semua,

Movement Strategy Forum (MS Forum) adalah sebuah pelantar kolaborasi multibahasa untuk memfasilitasi percakapan mengenai pelaksanaan Strategi Gerakan.

Kami mengundang seluruh lini gerakan Wikimedia untuk turut serta berkolaborasi di MS Forum, yang bertujuan untuk membina kolaborasi gerakan melalui sebuah pelantar multibahasa yang inklusif.

Strategi Gerakan adalah sebuah proses kolaboratif yang bekerja untuk menciptakan masa depan untuk gerakan Wikimedia. Semua orang dapat berkontribusi dalam kerja-kerja Strategi Gerakan, mulai dari memberi masukan hingga menciptakan proyek purnawaktu.

Anda dapat bergabung dengan forum ini menggunakan akun Wikimedia Anda untuk mulai terlibat dalam pembicaraan yang berlangsung dan mengajukan pertanyaan dalam bahasa yang Anda pertuturkan.

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) merilis proposal mengenai MS Forum pada bulan Mei 2022. Proposal ini dibahas dalam proses permohonan pendapat komunitas yang berlangsung selama 2 bulan dan berakhir pada tanggal 24 Juli 2022. Proses ini meliputi pembahasan mengenai beberapa pertanyaan yang menghasilkan pembicaraan yang menarik. Anda dapat membaca laporan lengkap mengenai proses permohonan pendapat ini.

Kami tunggu kehadiran Anda di MS Forum!

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 30 Agustus 2022 23.02 (WIB)[tema li]

Masa pemungutan suara komunitas untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022 akan segera ditutup[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo,

Periode pemungutan suara komunitas untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai pada tanggal 23 Agustus 2022, dan akan ditutup pada tanggal 6 September 2022 pada pukul 23:59 UTC. Masih ada kesempatan untuk memberikan suara dalam pemilihan ini. Jika Anda belum memilih, silakan kunjungi halaman pemungutan suara di SecurePoll untuk memilih sekarang. Untuk mengetahui apakah Anda layak untuk memilih, silakan kunjungi halaman kelayakan pemilih. Jika Anda memerlukan bantuan dalam membuat keputusan, berikut ini beberapa pranala yang bermanfaat:

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 2 September 2022 20.17 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-36[bulö’ö kode]

6 September 2022 06.21 (WIB)

Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (versi revisi)[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Komite Revisi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal memohon komentar mengenai Rancangan Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk Kode Etik Universal (UCoC). Periode peninjauan ini akan dibuka dari tanggal 8 September 2022 hingga 8 Oktober 2022.

Komite bekerja merevisi rancangan pedoman ini berdasarkan masukan yang dikumpulkan dari periode diskusi komunitas dari bulan Mei hingga Juli, serta pemungutan suara komunitas yang berakhir pada bulan Maret 2022. Revisi berfokus pada empat bidang berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan UCoC;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah diakses oleh mereka yang tidak memiliki keahlian;
  3. Menggali pemikiran mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya; dan
  4. Meninjau keseimbangan antara privasi pelapor dan terlapor

Komite memohon komentar dan saran atas revisi ini hingga tanggal 8 Oktober 2022. Berdasarkan saran dan komentar dari komunitas tersebut, Komite akan melakukan revisi lebih lanjut terhadap Rancangan Pedoman Penegakan.

Temukan Rancangan Pedoman Penegakan yang telah direvisi di Meta, dan perbandingan perubahannya dalam beberapa bahasa.

Anda dapat memberikan saran dan komentar melalui berbagai cara. Para fasilitator menerima saran dan komentar dalam bahasa apapun pada Halaman Diskusi Pedoman Penegakan versi Revisi atau melalui surel. Saran dan komentar dapat dibagikan pada halaman diskusi terjemahan, diskusi lokal, atau saat forum diskusi; lihat jadwal untuk forum diskusi di sini.

Tim fasilitator yang mendukung periode peninjauan ini berharap dapat menjangkau banyak komunitas. Jika Anda tidak melihat percakapan yang terjadi di komunitas Anda, Anda dianjurkan untuk memulainya. Para fasilitator dapat membantu Anda untuk berdiskusi. Ringkasan akan dipublikasikan di sini.

Atas nama tim proyek UCoC,

RamzyM (WMF) 9 September 2022 23.26 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-37[bulö’ö kode]

13 September 2022 08.49 (WIB)

Berita Teknis: 2022-38[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 20 September 2022 05.15 (WIB)[tema li]

Pengumuman hasil sementara dari pemungutan suara komunitas pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022. Partisipasi Anda telah membantu memilih mereka yang akan mewakili komunitas pada Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Bersama pesan ini terlampir hasil sementara dari pemilihan Dewan Pengawas 2022:

Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang hasil dan statistik dari pemilihan Dewan kali ini.

Dewan Pengawas akan menyelesaikan proses peninjauan terhadap calon yang mendapatkan suara terbanyak, termasuk melakukan pemeriksaan latar belakang. Dewan berencana untuk mengangkat anggota baru dalam pertemuan mereka pada bulan Desember.

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 22 September 2022 22.41 (WIB)[tema li]

Logo Suara[bulö’ö kode]

Halo semua,

Saat ini, kompetisi Logo Suara sudah dimulai dari 13 September sampai 10 Oktober 2022. Sila baca informasi kompetisi dalam laman Logo Suara di Meta dan kunjungi portal kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia.

Silakan ikut acara klinik daring, jika Anda ingin belajar tentang logo suara secara lebih mendalam, membutuhkan bantuan terkait karya yang Anda akan ajukan, atau jika Anda mempunyai ide yang menarik, tetapi kebingungan bagaimana cara membuatnya. Acara akan diadakan bersama dengan mitra teknis kami, MassiveMusic pada pukul 15:00-16:00 UTC atau 22.00-23.00 WIB, tanggal 29 September 2022. Silakan langsung daftarkan diri Anda melalui pranala Zoom

Tim Logo Suara, Arupako-WMF (talk) 26 September 2022 15.55 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-39[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 27 September 2022 07.29 (WIB)[tema li]

Tech News: 2022-40[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 4 Oktober 2022 07.22 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-41[bulö’ö kode]

10 Oktober 2022 21.08 (WIB)

Berita Teknis: 2022-42[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 18 Oktober 2022 04.45 (WIB)[tema li]

Periode peninjauan atas Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (versi revisi) ditutup[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Para Wikimedian yang baik,

Terima kasih atas partisipasi Anda dalam proses peninjauan komunitas atas Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC). Tim proyek UCoC dan Komite Revisi Pedoman Penegakan UCoC menghaturkan setinggi-tinggi terima kasih kepada semua yang telah menyempatkan waktu untuk mendiskusikan, memberikan masukan, mengusulkan perubahan, dan mengajukan pertanyaan.

Periode peninjauan komunitas berlangsung dari tanggal 8 September hingga 8 Oktober 2022.

Dalam waktu empat minggu terakhir, tim proyek UCoC telah menghimpun masukan yang berharga dari komunitas melalui saluran-saluran yang berbeda, termasuk tiga kali forum perbincangan terbuka di mana para Wikimedian mendiskusikan secara langsung Pedoman Penegakan UCoC yang telah direvisi.

Komite Revisi akan meninjau masukan dari komunitas apabila sudah mulai bertugas lagi pada pekan kedua bulan Oktober 2022. Tim proyek UCoC akan mendukung mereka dalam menyiarkan pembaruan dan akan terus menginformasikan komunitas mengenai perkembangan dan tonggak pencapaian yang penting, sepanjang Komite menyiapkan versi akhir dari Pedoman Penegakan UCoC yang dijadwalkan akan diadakan proses pemungutan suara komunitas globalnya pada pertengahan bulan Januari 2023.

Atas nama tim proyek UCoC,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 18 Oktober 2022 20.49 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-43[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 25 Oktober 2022 04.22 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-44[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 1 November 2022 04.14 (WIB)[tema li]

Undangan sesi perkenalan Piagam Gerakan[bulö’ö kode]

Halo semua,

Selama Wikimedia Summit 2022, Movement Charter Drafting Committee (MCDC) mempresentasikan garis besar pertama dari Piagam Gerakan untuk memberikan gambaran sekilas tentang arah pekerjaannya di masa depan dan penjelasan umum mengenai Piagam itu sendiri. MCDC kemudian mengintegrasikan masukan awal yang dikumpulkan selama Summit berlangsung. Sebelum melanjutkan proses perumusan Piagam untuk gerakan Wikimedia, MCDC ingin berinteraksi dengan anggota komunitas dan mengumpulkan masukan tentang tiga bagian: Pembukaan, Nilai & Prinsip, dan Peran & Tanggung Jawab (pernyataan-pernyataan tujuan). Rancangan Piagam Gerakan akan tersedia di halaman Meta here pada 14 November 2022. Periode permohonan pendapat komunitas secara luas akan berlangsung dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022. Pelajari lebih lanjut tentang hal ini di sini.

Dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua Wikimedian mendapatkan informasi yang cukup untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan dapat menyumbangkan perspektif mereka tentang Piagam Gerakan, tiga sesi perkenalan Piagam Gerakan telah dijadwalkan untuk zona waktu yang berbeda-beda. Semua Wikimedian diundang untuk menghadiri sesi perkenalan ini. Tujuannya adalah untuk mempelajari tentang Piagam Gerakan - tujuan, maksud, mengapa hal ini penting, dan bagaimana Piagam akan berdampak bagi komunitas Anda. Anggota MCDC akan menghadiri sesi ini untuk menjawab pertanyaan Anda dan mendengar masukan dari anggota komunitas.

Sesi perkenalan ini mengakomodasi komunitas dari zona waktu yang berbeda-beda. Hanya bagian presentasi yang akan direkam dan dibagikan setelahnya, percakapan dan tanya jawab sesudahnya tidak akan direkam. Di bawah ini adalah daftar acara yang direncanakan:

  • Asia-Pasifik: 4 November 2022 pukul 09:00 UTC (waktu setempat Anda). Penerjemahan langsung tersedia dalam bahasa Mandarin dan Jepang.
  • Eropa/Timur Tengah/Afrika Sub-Sahara: 12 November 2022 pukul 15:00 UTC (waktu setempat Anda). Penerjemahan langsung tersedia dalam bahasa Arab, Perancis, dan Rusia.
  • Amerika Latin/Amerika Utara/Eropa Barat: 12 November 2022 pukul 15:00 UTC (waktu setempat Anda). Penerjemahan langsung tersedia dalam bahasa Spanyol dan Portugis.

Anda dapat menemukan rincian lebih lanjut pada halaman Meta ini; pranala Zoom akan dibagikan 48 jam sebelum sesi dimulai.

Undangan untuk Duta Piagam Gerakan

Individu atau kelompok dari semua komunitas yang ingin membantu memasukkan dan memulai percakapan di komunitas mereka tentang Piagam Gerakan didorong untuk menjadi Duta Piagam Gerakan (MC Ambassadors). Para duta akan melakukan kegiatan mereka sendiri dan mendapatkan dukungan finansial untuk mengadakan percakapan dalam bahasa mereka sendiri. Para fasilitator wilayah dari tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan dapat mendukung para pemohon dalam pemberian hibah untuk program ini. Jika Anda tertarik, silakan mendaftar di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan tertentu, silakan hubungi tim MSG melalui surel: strategy2030@wikimedia.org atau di MS Forum.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda.

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 2 November 2022 20.56 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-45[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 8 November 2022 07.31 (WIB)[tema li]

Ajukan permohonan dukungan untuk komunitas Anda melalui Paket Partisipasi Komunitas Strategi Gerakan[bulö’ö kode]

Proses pelaksanaan Strategi Gerakan Wikimedia adalah upaya kolaboratif untuk semua anggota gerakan Wikimedia. Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan bertujuan untuk mendukung proyek-proyek yang melaksanakan prakarsa Strategi Gerakan. Jika Anda mencari contoh atau panduan tentang cara komunitas Anda dapat berpartisipasi lebih lanjut dalam Strategi Gerakan dan Hibah Implementasi Strategi Gerakan secara khusus, Anda dapat menemukannya dalam paket partisipasi komunitas ini.

Tujuan dari paketpartisipasi ini adalah untuk mendukung lebih banyak orang dalam mengakses pendanaan yang mungkin mereka butuhkan dalam kerja-kerja pelaksanaan. Dengan menjadi penerima hibah ini, Anda akan dapat mendukung anggota komunitas lain untuk mengembangkan permohonan-permohonan hibah lebih lanjut yang sesuai dengan konteks lokal Anda untuk memberi manfaat bagi komunitas Anda sendiri. Paket ini diharapkan dapat mendobrak hambatan bahasa dan memastikan anggota komunitas memiliki informasi yang mereka perlukan dalam menghubungkan Strategi Gerakan dengan yang lainnya. Strategi Gerakan adalah suatu kerja yang bersifat dua arah, dan kita selalu dapat belajar lebih banyak dari pengalaman dan pengetahuan para Wikimedian di mana pun mereka berada. Komunitas dapat melatih dan mendukung rekan-rekan mereka melalui paket ini, sehingga lebih banyak orang bisa memanfaatkan peluang pendanaan yang luar biasa ini.

Jika Anda tertarik atau memiliki pemikiran atau pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi para fasilitator wilayah Anda untuk berdiskusi lebih lanjut. Kami akan dengan senang hati mendukung Anda. Bila Anda siap, ikuti langkah-langkah pada halaman ini untuk mendaftar. Kami menantikan permohonan Anda.

Teriring salam,
Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan
Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 9 November 2022 11.17 (WIB)[tema li]

Survei Keterlibatan Komunitas dalam Sesi Hub di Konferensi ESEAP 2022[bulö’ö kode]

(Saya mohon maaf untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam pengumuman ini)

Halo!

Perkenalkan, saya Rachmat dari Wikimedia Indonesia. Saya mewakili tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation, ingin memberitahukan bahwa kami sedang mengadakan jajak pendapat untuk menentukan kebutuhan ESEAP Hub untuk beralih dari kelompok kolaborasi informal ke struktur yang lebih formal yang selaras dengan rekomendasi Strategi Gerakan. Beberapa afiliasi di ESEAP, tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, dan beberapa anggota komunitas di wilayah ESEAP bekerja sama merancang jajak pendapat ini.

Sasaran survei ini adalah untuk memastikan bahwa kita memiliki kesempatan untuk menyampaikan pemikiran kita mengenai ekspektasi Kerja Sama Regional ESEAP dan cara melangkah ke depan sebelum pembahasan dalam konferensi berlangsung. Jajak pendapat ini bertujuan untuk menjadi titik acuan guna melengkapi diskusi yang akan datang dan mendukung upaya yang telah dilakukan di wilayah ini selama bertahun-tahun.

Survei ini terbuka mulai sekarang hingga 14 November 2022 pukul 16.00 WIB/17.00 WITA/18.00 WIT. Silakan lihat pranala surveinya di sini. Semua survei ini dilakukan melalui layanan pihak ketiga, yang mungkin tunduk pada persyaratan tambahan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kerahasiaan dan penanganan data, lihat pernyataan kerahasiaan survei. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang survei ini, silakan kirim surel kepada msg-eseap@wikimedia.org.

Salam, Rachmat (WMID) (talk) dan tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation, 11 November 2022 11.15 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-46[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 15 November 2022 04.54 (WIB)[tema li]

Tech News: 2022-47[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 22 November 2022 06.20 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-48[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 29 November 2022 03.02 (WIB)[tema li]

Mari bergabung dengan sesi percakapan mengenai Piagam Gerakan untuk wilayah ESEAP[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Para Wikimediawan di wilayah ESEAP yang baik,

Komite Perumus Piagam Gerakan (MCDC) saat ini tengah mengadakan proses permohonan pendapat komunitas mengenai tiga rancangan bab pada Piagam Gerakan: Pembuka, Nilai dan Prinsip, dan Peran dan Tanggung Jawab (pernyataan tujuan).

Bagaimana Anda dapat bergabung dan memberikan masukan Anda?

MCDC membuka pintu seluas-luasnya untuk masukan dalam berbagai bahasa dari anggota komunitas dan mitra lokal dalam gerakan Wikimedia. Anda dapat bergabung dengan cara-cara berikut ini:

Sesi percakapan komunitas untuk wilayah ESEAP akan berlangsung pada hari Jumat, 9 Desember 2022 pada pukul 09:00-10:30 UTC. Sesi ini akan diadakan melalui Zoom; pranala untuk memasuki ruangan akan dibagikan di halaman Meta 48 jam sebelum sesi dimulai. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam bahasa Mandarin, Jepang, dan Indonesia. Sesi tidak akan direkam kecuali pada bagian di mana para peserta diundang untuk membagikan apa yang mereka bincangkan dalam breakout room. Tim fasilitasi akan mengambil notulensi dan mempublikasikan laporan akhir setelah sesi selesai.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai tujuan, dampak, dan hal-hal lain terkait Piagam Gerakan bagi komunitas Anda, Anda dapat menonton rekaman sesi perkenalan yang berlangsung beberapa waktu lalu (tersedia juga dalam bahasa Mandarin dan Jepang).

Terima kasih atas perhatian Anda.

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,

RamzyM (WMF) dan VChang (WMF) 2 Desember 2022 08.02 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-49[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 6 Desember 2022 07.40 (WIB)[tema li]

Pesan pengingat mengenai permohonan pendapat Piagam Gerakan[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Pada saat ini, kita tengah mengadakan proses permohonan pendapat komunitas mengenai tiga rancangan bab Piagam Gerakan: Pembukaan, Nilai dan Prinsip, dan Peran dan Tanggung Jawab (pernyataan tujuan).

Anda diundang untuk mengikuti sesi percakapan komunitas untuk wilayah ESEAP pada hari Jumat, 9 Desember 2022 pada pukul 09:00-10:30 UTC. Sesi ini akan diadakan melalui Zoom; harap untuk dapat bergabung melalui pranala ini. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam bahasa Mandarin, Jepang, dan Indonesia.

Permohonan pendapat akan berakhir pada tanggal 18 Desember 2022. Komite Perumus Piagam Gerakan (MCDC) membuka pintu seluas-luasnya untuk masukan dalam berbagai bahasa dari anggota komunitas dan mitra lokal dalam gerakan Wikimedia. Selain mengikuti sesi percakapan, Anda dapat memberikan masukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Isi survei yang disediakan (bersifat anonim);
  • Bagikan masukan Anda pada Forum Strategi Gerakan
  • Bagikan masukan Anda pada halaman pembicaraan di Meta
  • Kirim surel ke movementcharter@wikimedia.org jika Anda mempunyai masukan tambahan untuk MCDC.

Anda dapat menghubungi kami jika mempunyai pertanyaan tambahan. Anda juga dapat menemui para fasilitator tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan pada pertemuan komunitas ESEAP ke-28 hari Minggu, 11 Desember 2022 untuk berbagi masukan Anda. Terima kasih atas partisipasi Anda!

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan, Wikimedia Foundation

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 9 Desember 2022 13.40 (WIB)[tema li]

Tech News: 2022-50[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 13 Desember 2022 06.33 (WIB)[tema li]

Community Wishlist Survey 2023 opens in January![bulö’ö kode]

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Halo

The Community Wishlist Survey (CWS) 2023, which lets contributors propose and vote for tools and improvements, starts next month on Monday, 23 January 2023, at 18:00 UTC and will continue annually.

We are inviting you to share your ideas for technical improvements to our tools and platforms. Long experience in editing or technical skills is not required. If you have ever used our software and thought of an idea to improve it, this is the place to come share those ideas!

The dates for the phases of the Survey will be as follows:

  • Phase 1: Submit, discuss, and revise proposals – Monday, Jan 23, 2023 to Sunday, Feb 6, 2023
  • Phase 2: WMF/Community Tech reviews and organizes proposals – Monday, Jan 30, 2023 to Friday, Feb 10, 2023
  • Phase 3: Vote on proposals – Friday, Feb 10, 2023 to Friday, Feb 24, 2023
  • Phase 4: Results posted – Tuesday, Feb 28, 2023

If you want to start writing out your ideas ahead of the Survey, you can start thinking about your proposals and draft them in the CWS sandbox.

We are grateful to all who participated last year. See you in January 2023!

Terima kasih! Community Tech, STei (WMF) 13 Desember 2022 19.59 (WIB)[tema li]

Piagam Gerakan: Permohonan pendapat putaran pertama akan segera berakhir[bulö’ö kode]

Halo semua,

Mewakili Komite Perumus Piagam Gerakan, kami ingin menyampaikan setinggi-tinggi terima kasih kepada semua Wikimediawan yang telah ikut serta dalam periode permohonan pendapat pertama mengenai Piagam Gerakan.

Wikimediawan dari seluruh penjuru gerakan Wikimedia telah memberikan masukan dan menyumbang pemikiran mereka mengenai isi kandungan Piagam Gerakan. Jika Anda masih belum berkesempatan untuk ikut serta, Anda masih bisa membaca rancangan dan mengisi survei anonim yang tersedia dalam lebih dari 12 bahasa. Survei ini akan ditutup pada tanggal 2 Januari 2023. Anda juga dapat memberikan masukan dan pemikiran Anda melalui surel: movementcharter@wikimedia.org.

Lalu, apa langkah selanjutnya?

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan akan mempublikasikan laporan akhir yang mengandung ringkasan dari masukan dan pemikiran yang terkumpul pada bulan Januari 2023. Laporan ini akan dibagikan dengan komunitas Wikimedia dan MCDC melalui beberapa saluran pengumuman.

Setelah menerima laporan akhir, MCDC akan meninjau masukan dan pemikiran yang masuk dan mengadakan perubahan yang meliputi penjelasan apa dan mengapa masukan tersebut diambil atau tidak dalam versi rancangan Piagam selanjutnya. Komunitas akan dapat memberikan masukan pada putaran selanjutnya pada tahun 2023, termasuk dengan memberikan komentar pada proposal mengenai proses ratifikasi dan rancangan versi baru yang memuat beberapa bab tambahan pada kuartal kedua tahun 2023.

Kami mengundang Anda untuk berlangganan nawala bulanan MCDC yang akan dikirimkan ke halaman pembicaraan yang Anda pilih. Pembaruan bulanan juga tersedia dan akan diperbarui di Meta dengan kandungan kemajuan kerja MCDC.

Jika Anda tertarik, Anda masih dapat mendaftar untuk menjadi Duta Piagam Gerakan pada komunitas Anda. Program hibah untuk mendukung para Duta Piagam Gerakan akan dibuka kembali untuk permohonan dari individu atau kelompok sebelum dimulainya periode permohonan pendapat selanjutnya pada kuartal kedua tahun 2023.

Kami sampaikan rasa terima kasih atas waktu, tenaga, dan keikutsertaan Anda dalam merumuskan Piagam ini untuk kemajuan gerakan kita!

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 16 Desember 2022 19.27 (WIB)[tema li]

Pilih logo suara terbaik Anda[bulö’ö kode]

Pemungutan suara untuk logo suara Wikimedia sudah dimulai! Tahap ini akan berlangsung dari tanggal 6 Desember hingga 19 Desember 2022. Ayo, ikut ambil bagian dan bantu kami memilih logo terbaik yang bisa mewakili gerakan kita bersama ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang tahapan ini melalui Diff.

Tim Logo Suara berterima kasih kepada semua orang yang sudah ikut serta dan turut ambil bagian dalam ajang kompetisi ini. Hingga akhir pelaksaan acara, kami menerima 3.235 karya dari 2.094 peserta yang berasal dari 135 negara. Ada banyak orang yang terlibat dalam kompetisi logo suara ini, mulai dari tim sukarelawan penyaring karya dan juga komite pemilihan, hingga kawan-kawan Wiki semua. Kontribusi kalian semualah yang akhirnya bisa membawa kompetisi ini sampai tahap sekarang. Sekarang, saatnya kita tunjukkan pada dunia, logo suara manakah yang bisa mewakili gerakan kita ini. Ayo, pilih sekarang juga!

Salam hangat, Arupako-WMF (talk) 17 Desember 2022 18.05 (WIB)[tema li]

Saya telah mendengarkan logo suara itu satu per satu. Sayang tak satu pun yang saya sukai. Jadi saya tidak memberikan suara. Terimakasih. slaiatalk 18 Desember 2022 03.29 (WIB)[tema li]

Berita Teknis: 2022-51[bulö’ö kode]

MediaWiki message delivery 20 Desember 2022 06.59 (WIB)[tema li]

Feminism and Folklore 2023[bulö’ö kode]

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Dear Wiki Community,

Christmas Greetings and a Happy New Year 2023,

You are humbly invited to organize the Feminism and Folklore 2023 writing competition from February 1, 2023, to March 31, 2023 on your local Wikipedia. This year, Feminism and Folklore will focus on feminism, women's issues, and gender-focused topics for the project, with a Wiki Loves Folklore gender gap focus and a folk culture theme on Wikipedia.

You can help Wikipedia's coverage of folklore from your area by writing or improving articles about things like folk festivals, folk dances, folk music, women and queer folklore figures, folk game athletes, women in mythology, women warriors in folklore, witches and witch hunting, fairy tales, and more. Users can help create new articles, expand or translate from a list of suggested articles.

Organisers are requested to work on the following action items to sign up their communities for the project:

  1. Create a page for the contest on the local wiki.
  2. Set up a fountain tool or dashboard.
  3. Create the local list and mention the timeline and local and international prizes.
  4. Request local admins for site notice.
  5. Link the local page and the fountain/dashboard link on the meta project page.

This year we would be supporting the community's financial aid for Internet and childcare support. This would be provided for the local team including their jury and coordinator team. This support is opt-in and non mandatory. Kindly fill in this Google form and mark a mail to support@wikilovesfolklore.org with the subject line starting as [Stipend] Name or Username/Language. The last date to sign up for internet and childcare aid from our team is 20th of January 2023, We encourage the language coordinators to sign up their community on this link by the 25th of January 2023.

Learn more about the contest and prizes on our project page. Feel free to contact us on our meta talk page or by email us if you need any assistance.

We look forward to your immense coordination.

Thank you and Best wishes,

Feminism and Folklore 2023 International Team

Stay connected  

--MediaWiki message delivery (talk) 24 Desember 2022 17.23 (WIB)[tema li]