Wikipedia:Monganga afo

Moroi ba Wikipedia
Ae ba navigasi Ae ba wangalui

Angombakhata | Ngawalö wanolo | Nahia wamakori | Monganga afo | Safuria tebulö | Nga'örö spesial | Sangai halöŵö | Bawagöli zato
Halöŵö bö'ö ba Li Niha: WikiKamus | WikiBuku | WikiTuria | WikiNiŵaö

Arsip[bulö’ö kode]


Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas WMF telah dimulai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas telah dimulai dan akan berlangsung sampai 7 Februari 2022.

Pada permohonan pendapat kali ini, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengambil pendekatan yang sedikit berbeda. Alih-alih mengajukan suatu proposal tertentu, proses permohonan ini akan berputar di sekitar beberapa pertanyaan kunci yang berasal dari umpan balik evaluasi pemilihan Dewan Pengawas pada tahun 2021. Tujuannya adalah untuk menciptakan perbincangan secara kolektif dan mengembangkan rencana baru secara kolaboratif.

Terdapat dua pertanyaan yang akan dibahas dalam permohonan pendapat ini:

  1. Bagaimanakah cara terbaik untuk menjamin keterwakilan yang lebih beragam di antara calon-calon yang terpilih menjadi anggota Dewan Pengawas? Dewan Pengawas mengenal pasti pentingnya menyeleksi calon yang mewakili keberagaman gerakan Wikimedia dengan baik. Proses sejauh ini menghasilkan sukarelawan yang terpilih dari negara-negara Eropa dan Amerika Utara.
  2. Apa yang perlu diharapkan dari para calon selama pemilihan? Para calon anggota Dewan Pengawas biasanya menyelesaikan pernyataan pencalonan dan menjawab pertanyaan dari komunitas. Bagaimanakah caranya sebuah pemilihan dapat menyediakan wawasan yang tepat mengenai para calon, sekaligus menegaskan status para calon sebagai sukarelawan?

Terdapat satu pertanyaan tambahan yang dapat dijawab selama proses permohonan pendapat ini mengenai proses seleksi. Pertanyaan ini masih dibincangkan, namun Dewan Pengawas ingin membagikannya dalam waktu dekat. Harapannya, jika ada pertanyaan tambahan, pertanyaan tersebut akan sudah dapat dibagikan pada minggu pertama permohonan pendapat.

Mari sertai perbincangan ini!

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 11 Yanuari 2022 10.15 (WIB)[balas]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan #5[bulö’ö kode]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 5, Januari 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi kelima Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan (sebelumnya bernama Nawala Kode Etik Universal)! Nawala ini mengabarkan acara dan pembaruan terbaru mengenai Piagam Gerakan, Kode Etik Universal, Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas WMF, dan topik MSG yang relevan lainnya.

Nawala ini akan terbit empat bulan sekali, sementara Warta juga akan diterbitkan setiap pekan atau setiap dua pekan. Harap berlangganan di sini jika Anda berminat untuk mendapatkan kabar terbaru.

  • Permohonan Pendapat mengenai Pemilihan Dewan Pengawas - Kami mengundang Anda untuk memberikan tanggapan tentang pemilihan Dewan Pengawas WMF mendatang. Permohonan pendapat ini dimulai pada 10 Januari 2022 dan akan berakhir pada 7 Februari 2022. (lanjut baca)
  • Ratifikasi Kode Etik Universal - Pada tahun 2021, WMF meminta pendapat komunitas tentang bagaimana menegakkan teks kebijakan Kode Etik Universal. Draf pedoman penegakan yang direvisi akan siap untuk pemungutan suara komunitas pada bulan Maret. (lanjut baca)
  • Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan - Sembari kami terus meninjau beberapa proposal yang menarik, kami mendorong dan menyambut lebih banyak proposal dan ide yang menargetkan inisiatif spesifik dari rekomendasi Strategi Gerakan. (lanjut baca)
  • Arah Baru untuk Nawala Ini - Sejak Nawala UCoC beralih ke Nawala MSG, bergabunglah dengan tim fasilitasi dalam membayangkan dan memutuskan arah baru untuk nawala ini. (lanjut baca)
  • Blog Diff - Lihat publikasi terbaru tentang UCoC di Wikimedia Diff. (lanjut baca)

RamzyM (WMF) 14 Yanuari 2022 14.17 (WIB)[balas]

Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan: berikan pendapat Anda[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Pada saat ini, tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia sedang bekerja untuk membentuk sebuah Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan yang bersifat global dan dipandu oleh komunitas. Tujuan kelompok ini adalah untuk memberikan nasihat dan pertimbangan pada kerja-kerja pembinaan kepemimpinan.

Tim kami memohon pendapat Anda mengenai apa yang sebaiknya menjadi jangkauan kerja dan tanggungjawab Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan. Halaman Meta ini memuat proposal dan bagaimana caranya Anda dapat berpartisipasi. Periode permohonan pendapat akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 25 Februari 2022.

Teriring salam,
RamzyM (WMF) 9 Februari 2022 18.58 (WIB)[balas]

Kabar terbaru mengenai proses peninjauan Pedoman Penegakan Kode Etik Universal[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah menerbitkan pernyataan mengenai proses ratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC).

Kode Etik Universal (UCoC) merupakan dasar perilaku yang dapat diterima dalam gerakan Wikimedia. UCoC dan Pedoman Penegakannya dirumuskan oleh sebuah komite yang beranggotakan staf dan relawan setelah melalui proses permohonan pendapat dari komunitas.

Pedoman yang telah diubah diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2022, memuat langkah yang diusulkan untuk menerapkan kebijakan ini secara meluas dalam gerakan Wikimedia. Terdapat daftar perubahan yang dibuat atas pedoman ini setelah proses peninjauan rancangan. Masukan tentang pedoman dapat diberikan di halaman pembicaraan Pedoman Penegakan di Meta-wiki.

Untuk membantu memahami pedoman ini dan proses di balik perumusannya, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) akan menyelenggarakan sesi jam kerja terbuka pada tanggal 4 Februari 2022 pukul 15:00 UTC, 25 Februari 2022 pukul 12:00 UTC, dan 4 Maret 2022 pukul 15:00 UTC. Mari bergabung untuk berinteraksi dengan tim proyek UCoC dan anggota Komite Perumus tentang pedoman yang diperbarui dan proses pemungutan suara yang akan diselenggarakan.

Lini masa proses UCoC tersedia di Meta-wiki. Periode pemungutan suara akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 21 Maret 2022. Semua pemilih yang memenuhi syarat akan memiliki kesempatan untuk mendukung atau menentang penerapan Pedoman Penegakan serta memberikan masukan mereka. Lihat halaman informasi pemungutan suara untuk rincian lebih lanjut.

Anggota komunitas dari seluruh penjuru gerakan Wikimedia telah memberikan masukan-masukan yang berharga dalam proses yang sedang berlangsung ini. Tim UCoC dan MSG ingin berterima kasih kepada Komite Perumus dan anggota komunitas atas kontribusi yang mereka berikan dalam proses ini.

Hormat kami,

Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan
Yayasan Wikimedia

Ramzy(WMF) 12 Februari 2022 23.36 (WIB)[balas]

Sesi perbincangan terbuka pada tanggal 25 Februari dan 4 Maret[bulö’ö kode]

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka mengenai ratifikasi pedoman penegakan Kode Etik Universal pada tanggal 25 Februari 2022 jam 12:00 UTC (19:00 WIB / 20:00 WITA / 21:00 WIT) dan 4 Maret 2022 jam 15:00 UTC (22:00 WIB / 23:00 WITA / 00:00 WIT).

Harap daftarkan diri Anda untuk menyertai perbincangan dengan tim proyek dan komite perumus. Anda dapat membaca terlebih dahulu ringkasan sesi perbincangan tanggal 4 Februari 2022. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kirim surel ke msg(_AT_)wikimedia.org atau ucocproject(_AT_)wikimedia.org

Salam, RamzyM (WMF) (talk) 22 Februari 2022 10.48 (WIB)[balas]

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas WMF telah selesai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Permohonan pendapat mengenai pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah selesai. Permohonan pendapat ini berlangsung dari tanggal 10 Januari hingga 16 Februari 2022 dan berfokus pada tiga pertanyaan kunci. Permohonan pendapat ini dibincangkan secara intensif di Meta-wiki, dalam pertemuan dengan organisasi mitra lokal Wikimedia, dan dalam kanal perbicangan komunitas lainnya. Komunitas dan mitra lokal Wikimedia telah mengajukan beberapa proposal dan poin diskusi. Anda dapat membaca laporan mengenai permohonan pendapat ini di Meta-wiki.

Sari diskusi akan disampaikan kepada Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan yang tengah mengambil keputusan mengenai bentuk pemilihan Dewan Pengawas mendatang. Dewan Pengawas akan merilis suatu pengumuman setelah meninjau laporan mengenai permohonan pendapat ini.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua Wikimedian yang telah berpartisipasi dalam permohonan pendapat dan turut serta menjadikan proses pemilihannya lebih baik lagi.

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 3 Maret 2022 15.41 (WIB)[balas]

Undangan untuk mengikuti acara Perbincangan Global tentang Hub pada 2022-03-12 pukul 13:00 UTC[bulö’ö kode]

Halo!

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia mengundang Anda untuk mengikuti acara perbincangan global mengenai hub tematik dan regional. Pada saat ini, gerakan Wikimedia sedang berusaha untuk menyamakan pandangan mengenai bagaimana keduanya mesti terbentuk. Acara pada bulan November tahun lalu merupakan suatu awal yang baik (baca laporannya di sini), namun tentu saja proses ini belum selesai.

Dalam beberapa pekan terakhir, kami melakukan lebih kurang 16 sesi wawancara dengan kelompok yang sedang berupaya untuk membentuk suatu Hub (lihat Dialog Hub). Wawancara ini menjadi bahan pelajaran untuk sebuah laporan yang akan menjadi dasar diskusi pada tanggal 12 Maret mendatang. Kami akan menerbitkan laporan ini pada tanggal 9 Maret.

Acara ini akan digelar pada tanggal 12 Maret dari pukul 13:00 hingga 16:00 UTC di Zoom. Kami akan menyediakan interpretasi ke dalam bahasa Perancis, Spanyol, Arab, Rusia, dan Portugis. Pendaftaran ditutup tanggal 10 Maret. Anda diundang untuk mendaftar. Informasi lebih lanjut di Meta-wiki.

Salam hangat,

Kaarel Vaidla
Tim Strategi Gerakan

7 Maret 2022 16.57 (WIB)

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan UCoC dibuka dari 7 Maret hingga 21 Maret 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Proses pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC) telah dibuka! Pemungutan suara ini akan berlangsung di SecurePoll mulai 7 Maret 2022 hingga 21 Maret 2022. Silakan baca halaman informasi untuk pemilih dan syarat memilih.

Kode Etik Universal (UCoC) adalah kebijakan dasar perilaku yang dapat diterima untuk gerakan Wikimedia. Versi dari pedoman penegakan yang telah direvisi diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2022 sebagai untuk menerapkan kebijakan UCoC dalam gerakan Wikimedia. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proyek UCoC di sini.

Anda juga dapat memberikan komentar pada halaman pembicaraan di Meta-wiki dalam bahasa apapun. Hubungi tim kami melalui email: ucocproject(_AT_)wikimedia.org

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 11 Maret 2022 07.42 (WIB)[balas]

Pendaftaran calon anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan dibuka (14 Maret-10 April 2022)[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semuanya,

Terima kasih kepada semua Wikimedian yang telah ikut serta memberi masukan tentang Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan. Anda dapat membaca ringkasan pendapat yang masuk di Meta-wiki. Masukan ini akan dibagikan dengan Kelompok Kerja untuk membantu pekerjaan mereka. Saat ini, pendaftaran untuk menjadi calon anggota Kelompok Kerja sudah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 10 April 2022. Harap baca informasi mengenai Kelompok Kerja ini, bagikan dengan anggota komunitas yang lain, dan mendaftarlah sebagai calon anggota.

Terima kasih,

Tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 14 Maret 2022 23.12 (WIB)[balas]

Ikutilah perbincangan terbuka Ketahanan dan Keberlanjutan Komunitas bersama Maggie Dennis[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Tim Ketahanan dan Keberlanjutan Komunitas Yayasan Wikimedia akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka dengan Wakil Presiden Maggie Dennis.

Perbincangan ini meliputi topik-topik seperti Strategi Gerakan, tata kelola Dewan Pengawas, Keamanan, Kode Etik Universal, Pengembangan Komunitas, dan Hak Asasi Manusia. Anda diundang untuk mengikuti sesi ini serta mengajukan pertanyaan dan komentar! Anda dapat mengirimkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan sebelum sesi perbincangan dimulai.

Perbincangan ini akan berlangsung pada tanggal 24 Maret 2022 pukul 15:00 UTC (periksa waktu lokal Anda).

Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut di Meta-wiki.

Sampai jumpa di acara ini!

RamzyM (WMF) 21 Maret 2022 20.21 (WIB)[balas]

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan UCoC telah selesai[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Salam,

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC) telah selesai pada tanggal 21 Maret 2022. Lebih dari 2300 orang Wikimedian memberikan suaranya dari berbagai penjuru gerakan Wikimedia. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang telah ikut serta dalam proses ini. Tim pengawas saat ini sedang memeriksa suara yang masuk untuk memastikan keakuratannya; kami memperkirakan proses ini akan memakan waktu sekitar dua minggu.

Hasil akhir pemungutan suara akan diumumkan pada halaman ini beserta statistik yang relevan dan ringkasan dari semua komentar yang masuk, segera setelah semuanya dapat dirilis untuk publik. Harap baca halaman informasi untuk pemilih untuk mengetahui langkah selanjutnya setelah pemilihan ini. Anda dapat memberikan komentar pada halaman pembicaraan di Meta-wiki, dalam bahasa apa pun yang Anda inginkan. Anda juga dapat menghubungi tim proyek UCoC melalui surel di ucocproject(_AT_)wikimedia.org.

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 25 Maret 2022 08.29 (WIB)[balas]

Mari mendaftar menjadi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan sebelum 10 April 2022[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia saat ini tengah mendukung pemebntukan sebuah Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan yang bersifat global dan dimotori oleh komunitas. Tujuan adanya kelompok kerja ini adalah untuk memberikan nasihat mengenai kerja-kerja pembinaan kepemimpinan dalam gerakan Wikimedia. Masukan dari komunitas mengenai tata kerja kelompok ini telah diterima pada bulan Februari 2022, dan Anda dapat membaca ringkasan masukan yang diterima di Meta-wiki. Periode pendaftaran untuk menjadi anggota kelompok ini sudah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 10 April 2022. Harap baca informasi lebih lanjut mengenai kelompok kerja ini, bagikan dengan anggota komunitas Anda yang mungkin tertarik, atau daftarkan diri Anda.

Salam,

Tim Pengembangan Komunitas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 31 Maret 2022 20.55 (WIB)[balas]

Ikuti perbincangan mengenai Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia bersama Maryana Iskander[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Salam,

Tim Komunikasi Komunitas dan Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang Anda untuk membincangkan Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia 2022-23, yaitu rencana penyelenggaraan kerja Yayasan Wikimedia untuk masa kerja satu tahun ke depannya.

Perbincangan ini merupakan lanjutan dari "tur mendengar" Direktur Eksekutif Maryana Iskander.

Perbincangan ini akan membahas pertanyaan berikut ini:

  • Strategi Gerakan Wikimedia 2030 memandatkan "pengetahuan sebagai sebuah layanan" dan "keadilan pengetahuan" sebagai suatu arah. Yayasan Wikimedia merencanakan kerjanya untuk mencapai kedua arah tujuan ini. Menurut Anda, bagaimana Yayasan Wikimedia dapat menerapkan kedua arah ini dalam pekerjaannya?
  • Yayasan Wikimedia sedang terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya di tingkat wilayah. Kami telah mempertajam fokus di bidang tertentu seperti hibah, fitur baru, dan perbincangan komunitas. Apa yang sudah bekerja dengan baik? Apa yang dapat diperbaiki?
  • Semua orang dapat berkontribusi dalam proses Strategi Gerakan. Mari kumpulkan kegiatan, gagasan, permintaan, dan hal yang dapat dipelajari. Bagaimana Yayasan Wikimedia dapat mendukung para sukarelawan dan organisasi mitra lokal dengan lebih baik dalam aktivitas terkait Strategi Gerakan?

Jadwal perbincangan terlampir di Meta-wiki.

Bahan perbincangan akan tersedia dalam beberapa bahasa. Setiap sesi perbincangan terbuka untuk umum. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam beberapa sesi.

Salam hangat,

RamzyM (WMF) 14 April 2022 22.55 (WIB)[balas]

Terima kasih pak atas Informasinya Yasanto Lase (talk) 15 April 2022 13.49 (WIB)[balas]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan - Edisi 6[bulö’ö kode]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 6, April 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keenam Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan! Nawala ini mengabarkan acara dan pembaruan terbaru mengenai Piagam Gerakan, Kode Etik Universal, Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas WMF, dan topik MSG yang relevan lainnya.

Nawala ini akan terbit empat bulan sekali, sementara Berita Mingguan juga akan diterbitkan setiap pekan. Harap berlangganan di sini jika Anda berminat untuk mendapatkan kabar terbaru.

  • Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan - Pendaftaran untuk menjadi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan telah ditutup pada 10 April 2022. 12 orang anggota komunitas akan dipilih untuk berpartisipasi dalam kelompok kerja ini. (lanjutkan membaca)
  • Hasil ratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal - Pemungutan suara global tentang Pedoman Penegakan UCoC diadakan dari tanggal 7 hingga 21 Maret 2022 melalui SecurePoll. Lebih dari 2.300 pemilih yang memenuhi syarat dari setidaknya 128 proyek Wikimedia yang berbeda menyampaikan pendapat dan komentar mereka. (lanjutkan membaca)
  • Diskusi mengenai Hub - Percakapan Global tentang Hub wilayah dan tematik diadakan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022, dihadiri oleh 84 orang Wikimedian. (lanjutkan membaca)
  • Hibah Strategi Gerakan masih dibuka - Sejak awal tahun ini, enam proposal dengan nilai total sekitar $80.000 USD telah disetujui. Apakah Anda memiliki ide proyek untuk melaksanakan Strategi Gerakan? Hubungi kami! (lanjutkan membaca)
  • Komite Perumus Piagam Gerakan - Komite yang beranggotakan lima belas orang yang dipilih pada Oktober 2021 ini telah menyepakati nilai-nilai dan metode-metode penting untuk proses kerjanya, dan telah mulai membuat garis besar rancangan Piagam Gerakan. (lanjutkan membaca)
  • Memperkenalkan Berita Mingguan Strategi - Mari berkontribusi dan berlangganan! - Tim MSG baru saja meluncurkan format berita yang terhubung ke berbagai halaman Strategi Gerakan di Meta-wiki. Mari berlangganan mendapatkan berita terbaru tentang berbagai proyek yang sedang berlangsung. (lanjutkan membaca)
  • Blog Diff - Lihat publikasi terbaru tentang Strategi Gerakan di blog Diff. (lanjutkan membaca)

RamzyM (WMF) 16 April 2022 13.45 (WIB)[balas]

Langkah selanjuntya mengenai Kode Etik Universal dan Pedoman Penegakannya[bulö’ö kode]

Komite Urusan Komunitas Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua orang yang telah berpartisipasi dalam pemungutan suara global mengenai Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC).

Sukarelawan pengawas telah menyelesaikan peninjauan atas hasil pemungutan suara dan melaporkan total suara yang masuk sebanyak 2,283 suara. Dari jumlah tersebut, total 1,338 (58.6%) anggota komunitas mendukung pengesahan Pedoman Penegakan, dan 945 (41.4%) menolak. Selain itu, 658 pemilih memberikan komentarnya, dengan 77% dari komentar yang masuk ditulis dalam bahasa Inggris.

Kami menyadari dan menghargai semangat dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh anggota komunitas dalam menciptakan budaya yang aman dan ramah yang menghentikan perilaku yang bermusuhan dan beracun, mendukung orang-orang yang menjadi sasaran perilaku tersebut, dan mendorong orang-orang yang beritikad baik untuk berkontribusi secara produktif dalam proyek-proyek Wikimedia.

Bahkan dalam tahap ini, hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar yang masuk. Pedoman Penegakan mencapai ambang batas dukungan yang diperlukan untuk ditinjau oleh Dewan Pengawas. Namun begitu, kami mendorong semua pemilih, terlepas dari apa yang mereka pilih, untuk memberikan masukan tentang elemen pedoman penegakan yang mereka rasa perlu diubah atau diperbaiki, beserta alasannya, jika pada akhirnya nanti diperlukan suatu periode revisi yang lebih lanjut untuk mengatasi hal-hal yang menjadi perhatian khusus dari komunitas.

Staf WMF yang bertugas meninjau komentar telah memberi tahu kami tentang beberapa tema yang muncul dari komentar yang masuk. Oleh karena itu, kami sebagai Komite Urusan Komunitas telah memutuskan untuk meminta WMF agar membentuk kembali suatu Komite Perumus dan mengadakan satu periode permohonan pendapat dari komunitas lagi menyempurnakan Pedoman Penegakan berdasarkan masukan yang diterima dari pemungutan suara yang baru saja selesai.

Untuk kejelasan, masukan-masukan ini telah dikelompokkan menjadi 4 bagian sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah oleh mereka yang bukan ahli;
  3. Menggali lebih dalam mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya;
  4. Untuk meninjau peran yang bertentangan mengenai privasi/perlindungan korban dan hak untuk didengar.

Isu-isu lain mungkin muncul selama percakapan berlangsung, dan khususnya ketika rancangan Pedoman Penegakan berkembang, tetapi kami melihat empat hal di atas sebagai isu-isu yang menjadi perhatian utama bagi para pemilih dan meminta staf untuk memfasilitasi peninjauan terhadap isu-isu ini. Setelah itu, WMF harus menjalankan kembali pemungutan suara komunitas untuk mengevaluasi Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk melihat apakah dokumen baru tersebut kemudian sudah siap untuk ratifikasi secara resmi.

Selanjutnya, kami menyadari kekhawatiran dengan catatan 3.1 dalam naskah kebijakan Kode Etik Universal. Kami mengarahkan WMF untuk memfasilitasi peninjauan atas bahasa yang digunakan pada bagian ini untuk memastikan bahwa naskah kebijakan UCoC akan memenuhi tujuan yang dimaksudkan untuk mendukung suatu komunitas yang aman dan inklusif, tanpa menunggu tinjauan menyeluruh atas UCoC pada akhir tahun.

Sekali lagi, kami berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam memikirkan dan memecahkan tantangan yang kritis dan sulit ini, serta berkontribusi untuk menciptakan pendekatan yang lebih baik demi terwujudnya kerja sama yang baik dalam gerakan Wikimedia.

Teriring salam,

Rosie

Rosie Stephenson-Goodknight (she/her)
Pelaksana Tugas Ketua, Komite Urusan Komunitas
Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 09.39 (WIB)[balas]

Pendaftaran calon untuk pemilihan anggota Dewan Pengawas 2022 telah dibuka[bulö’ö kode]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia membuka pendaftaran calon anggota untuk pemilihan tahun 2022. Baca pengumuman selengkapnya di Meta-wiki.

Pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai! Anda diundang untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Pengawas selanjutnya.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya Yayasan Wikimedia. Para anggota Dewan dipilih dari unsur komunitas dan mitra lokal serta unsur yang diangkat oleh Dewan sendiri. Setiap anggota bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun. Komunitas Wikimedia berhak untuk memilih para anggota Dewan dari unsur komunitas dan mitra lokal.

Komunitas Wikimedia akan memberikan suara untuk mengisi dua kursi di Dewan pada tahun 2022. Pemungutan suara ini adalah kesempatan untuk meningkatkan keterwakilan, keragaman, dan keahlian para anggota Dewan secara kolektif.

Siapa sajakan calon yang berpotensi? Apakah Anda salah satunya? Cari tahu lebih lanjut di halaman Pendaftaran Calon.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih.

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 22.47 (WIB)[balas]

Panggilan sukarelawan: pemilihan anggota Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[bulö’ö kode]

<languages/> Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang anggota komunitas Wikimedia untuk menjadi sukarelawan pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia yang akan datang.

Gagasan mengenai program Sukarelawan Pemilihan diterapkan pada pemilihan Dewan Pengawas 2021. Ternyata, program ini cukup sukses; dengan bantuan para sukarelawan, kami dapat meningkatkan jangkauan dan partisipasi dalam pemilihan dengan tambahan sekitar 1.753 pemilih lebih banyak dibanding pemilihan tahun 2017. Total pemilih adalah sekitar 10.13% (peningkatan sebesar 1.1%) dan 214 proyek Wikimedia berbeda terwakili dalam pemilihan tersebut.

Pada pemilihan tahun 2017, tidak ada pemilih dari sekitar 74 proyek wiki. Pada pemilihan tahun 2021, proyek-proyek ini tercatat sudah memiliki pemilih. Apakah Anda ingin ikut serta melakukan perubahan seperti ini?

Para sukarelawan akan membantu dalam:

  • Menerjemahkan pesan-pesan pendek dan mengumumkan proses pemilihan yang sedang berjalan pada saluran percakapn komunitas
  • Pilihan: mengawasi saluran komunitas untuk menjaring komentar dan pertanyaan

Para sukarelawan mesti:

  • Mematuhi kebijakan ruang ramah selama perbincangan dan acara pemilihan
  • Mempresentasikan panduan dan informasi pemilihan kepada komunitas senetral mungkin

Apakah Anda ingin menjadi sukarelawan dan memastikan komunitas Anda terwakili dalam pemilihan tahun ini? Daftarkan diri Anda di sini untuk menerima pembaharuan. Anda dapat meninggalkan pesan atau pertanyaan mengenai penerjemahan di halaman pembicaraan.

Teriring salam,

RamzyM (WMF) 5 Mei 2022 17.17 (WIB)[balas]

Pengumuman hasil seleksi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan[bulö’ö kode]

Rekan-rekan Wikimedian yang baik,

Menyambung kabar yang saya sampaikan sebelumnya mengenai Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan: the tim Pengembangan Komunitas telah menyelesaikan proses seleksi bagi para calon yang mendaftar. Denagn senang hati, kami mengumumkan lima belas orang sukarelawan yang akan menjadi anggota dan memulai pekerjaan pada kelompok kerja ini.

Atas kerja sama dan dukungan yang Anda berikan selama proses ini, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Atas nama tim Pengembangan Komunitas,

RamzyM (WMF) 12 Mei 2022 23.29 (WIB)[balas]