Huhuo zangoguna:Banio ba Hinako

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Moroi ba Wikipedia

Hello, and welcome to the Nias Wikipedia! :D

Congratulations on and thank you for all your hard work (and the hard work of your co-contributors like User:Yasanto Lase and others) this far!

I have now imported all Nias Wikipedia content from the Incubator to here, so the wiki is ready for use! However, when a wiki has just been created, there are some problems at the start. This is because some things can only be set up after the wiki has been created. Normally they will all be solved within 2 weeks, usually much faster. The problems that I am a aware of are:

  • Visual editor may not work properly in the beginning. You should be able to create new pages with visual editor, but editing existing pages with it may show an error message or just a blank page. In that case, use the source editor instead.
  • Content translation is not yet available.
  • Wikidata support (both for interwiki links and for fetching info via modules) is not yet enabled.
  • Statistics on Special:Statistics, as well as from magic words like {{NUMBEROFARTICLES}}, all show 0 even though pages have been imported.
  • Searching for anything other than page titles does not work yet.

If any of these problems last longer than 2 weeks, or if you notice anything else, please do contact me, and I will help find out how to solve any issues. The same goes if I have missed anything in the import.

Because this is a new wiki, there are no administrators. I suggest you start a page for a village pump (like id:Wikipedia:Warung Kopi), and hold an election for temporary administrators. Once a few users have shown support for one or more users and some time passed, you can request temporary adminship on m:Steward requests/Permissions. Let me know if you need any help.

Again, congratulations, and the best of luck! Jon Harald Søby (talk) 04:13, 12 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Thank you for your assistance Jon Harald Søby. I have been given temporary adminship rights for a month. I will create the village pump for requesting the adminship for a longer period. Banio ba Hinako (talk) 06:00, 12 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Undangan urun pikiran dalam konsultasi Kode Etik Universal[bulö’ö kode]

Salam,

Semoga Anda dalam keadaan baik dan sehat. Nama saya Ramzy Muliawan, mewakili tim Kode Etik Universal (UCoC) Yayasan Wikimedia bagi komunitas bahasa-bahasa Indonesia dan Melayu. Saya ingin mengabarkan bahwa proses konsultasi UCoC tahap kedua akan dimulai pada hari Senin, 18 Januari 2021.

Konsultasi tahap kedua UCoC akan berfokus pada perumusan mekanisme penerapan dan penegakan yang efektif dan berlaku bagi seluruh proyek-proyek Wikimedia. Sebagai pengurus di Wikipedia bahasa Nias, saya ingin mengundang Anda untuk ikut urun pikiran dan gagasan. Tahap kedua ini penting mengingat UCoC merupakan salah satu mandat yang paling utama dari proses Strategi Gerakan Wikimedia dan akan menjadi standar minimum bagi kebijakan tingkah laku di proyek-proyek Wikimedia.

Untuk memulai, Anda dapat meninjau terlebih dahulu beberapa hal terkait UCoC. Halaman berikut tersedia dalam bahasa Indonesia:

Setelah itu, Anda dapat berkomentar pada halaman permohonan pendapat di Wikipedia bahasa Indonesia sampai akhir bulan Februari 2021. Untuk mitra lokal gerakan Wikimedia, kami juga merencanakan proses konsultasi terpisah yang akan diinformasikan kemudian.

Saya memohon maaf karena keterbatasan sumber daya, diskusi hanya dapat diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan tidak dapat dalam bahasa-bahasa daerah lain yang dipertuturkan di Indonesia. Namun, Anda amat dianjurkan untuk berkomentar dan menyampaikan pendapat sesuai dengan situasi, kondisi, dan nilai-nilai budaya yang berlaku di komunitas Nias.

Bila Anda memiliki pertanyaan lain atau ingin menyampaikan respon yang dirasa lebih sesuai disampaikan pada ruang privat, silakan balas surel ini atau hubungi saya melalui Telegram.

Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Salam hangat,

Ramzy Muliawan
Fasilitator Konsultasi Kode Etik Universal, Yayasan Wikimedia

-- RamzyM (WMF) (talk) 15:32, 15 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Terima kasih atas pemberitahuannya RamzyM (WMF). Saya pelajari dahulu halaman yang sudah saudara sertakan. banio (fahuhuo) 17:35, 15 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Kategori[bulö’ö kode]

Ya'ahowu Pa banio (fahuhuo) Saohagölö meno öhaogö Kategori : Fagelemusa, no baga sibai börö tola nasa tasura dania danö bö'önua, iza'i hulö na abölö fagöna ia na laŵa'ö : Fakelemusa. Bologö dödö, he..ha bua wangera-ngera, da'a..... Yasanto Lase (talk) 06:59, 19 Baŵa si sara 2021 (WIB)

No ufawu'a Ma. Na so tanö bö'ö somasi tafindrakö tola talau samösa. banio (fahuhuo) 07:02, 19 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Uji coba[bulö’ö kode]

Amerika Sorudu. benar tidak tabelnya dalam bahasa nias. kalau tidak tolong diperbaiki. saya mau belajar bahasa ini. Akuindo (talk) 12:39, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Halo Akuindo. Semangat belajarnya. Kalau mau bisa gabung di grup orang Nias yang bicara b. Nias, isinya teman-teman seumuranku (kuliah). Bisa kirim nomor WhatsApp di surelku.
Sebenarnya, di b. Nias itu bukan cuma di akhir kata konsonannya tidak ada tetapi juga di setiap akhir suku kata. Kemudian, menyerap kata tidak serta-merta mengambil semua suku kata dan menggantikan konsonan penutup dan/atau menambah vokal "o". Suku kata yang diserap perlu disesuaikan dengan pengucapan Nias. Misal, "presiden" tidak jadi "presido" tetapi "fareside". Huruf p jarang dibunyikan, dan vokal penutup o yang hadir di banyak kata serapan itu sebenarnya saya kira pengaruh b. Minang, bukan b. Indonesia/Melayu. Banyak kata-kata dalam b. Nias yang kelihatan diserap dari b. Indonesia/Melayu sebenarnya adalah kata yang diserap dari b. Minang. Contohnya adalah baso, razo (raja), farisayo (percaya). banio (fahuhuo) 15:52, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
ok. klw alfabetis yang serupa b indo/b ing itu b melayu, b minang serta b aceh. bahasa yang lainnya memang tidak ada alfabetis yang serupa bahasa tsb. klw peringkat/ranking itu faringka ya??. Akuindo (talk) 16:51, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Tidak Akuindo. "Faringka" kan per suku katanya fa-ring-ka. Suku kata ring berakhiran konsonan. "Fareka" lebih cocok. Sepertinya ada padanan kata peringkat di b. Nias tetapi aku belum kepikiran sekarang. Jangan diganti dulu ya.. banio (fahuhuo) 17:13, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
ok. btw b nias tdk mengenal kata benda ya?? klw tdk salah. btw ada tenses ga kyk b inggris? Akuindo (talk) 18:36, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Bukan kata benda, kata sifat Akuindo. Tapi diakomodir kok kata sifatnya dengan cara memodifikasi kata benda. Tenses tidak ada. banio (fahuhuo) 18:46, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
ok. Akuindo (talk) 19:05, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Saudaraku Akuindo (talk) yang ada di Grup Membahas Bahasa Nias, adalah orang berkompeten dalam bahasa, ada Dr Bahasa dari USU, ada Dosen bahasa dari Padang, dsb sangat banyak informasi tentang bahasa Nias, karena mereka orang yang sudah punya pengalaman dalam bahasa Nias.Yasanto Lase (talk) 22:06, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Yang kedua, yang mungkin harus di kaji ulang, adanya kata baru seperti : fareside ini juga belum bisa di katakan ini kata Nias, kalau saya lebih suka serap semua : presiden menunggu adanya kesepakatan bersama penyerapan kata itu seperti apa, berkomunitas adalah baik tidak hanya pada seumuran kita, kalau bisa terbuka untuk seluruh usia, agar kita bisa dapat pengetahuan lebih dan saling melengkapi satu dengan lainnya.Yasanto Lase (talk) 22:44, 24 Baŵa si sara 2021 (WIB)
ok. namanya kata serapan asing contoh: communism -> komunis, pianist -> piano, dst. Akuindo (talk) 23:38, 25 Baŵa si sara 2021 (WIB)