Fanolo:Cara menulis atau menyunting artikel

Moroi ba Wikipedia
Ae ba navigasi Ae ba wangalui

Catatan:

Sebelum Anda mulai memasukkan artikel baru atau menyunting artikel yang sudah ada, pastikan Anda telah log in (lihat di sudut kanan atas. Di situ akan tertera Ae si bakha kalau belum log in). Kalau belum ada akun, silakan buat akun dulu (dari halaman Olayama cari Fazökhi akun di barisan menu di sudut kanan atas).

Baik bila Anda lihat-lihat dulu bagaimana stil penulisan artikel yang sudah ada, sehingga Anda familiar dengan gaya penulisan di ensiklopedia ini. Anda bisa melihat daftar semua isi ensiklopedia yang sudah ada dengan pergi ke Olayama dan klik Gofu nga'örö di daftar menu sebelah kiri. Setiap kali menekan di situ tulisan lainnya di Wikipedia akan ditunjukkan.

Visual Editor's menu bar.jpg

Membuat artikel baru[bulö'ö | bulö’ö kode]

  1. Untuk membuat artikel baru pergi ke Olayama dan ketik judul artikel di kotak isian (Fa'anö zura si bohou)
  2. Pastikan menulis judul artikel baru tsb dengan huruf awal huruf besar mis.Tanömö bukan tanömö.
  3. Sesampai di dalam jendela editor, pastikan bahwa Anda berada di modus Fazökhi (no 1 dalam gambar di atas) dan bukan "Fa'anö faoma kode". "Fa'anö faoma kode" adalah bagi orang yang menguasai cara menulis wiki, yang tidak segampang cara penyuntingan biasa.
  4. Bila Anda telah menyiapkan artikel tsb. dari dokumen MS Word silakan copy artikel dari MS Word (block dulu, lalu tekan Ctrl+C) lalu paste ke dalam editor (letakkan penunjuk mouse di tempat yang tepat lalu tekan Ctrl+V).
  5. Pastikan judul-judul pakai stil Heading dan sub-judul menjadi Heading 2 dst (lihat di no 4 dalam gambar).
  6. Pastikan menetapkan kategori tulisan. Untuk itu klik di Opsi halaman (gambar no 3 dalam gambar) dan pilih Kategori atau Categories. Di kolom yang tersedia silakan mulai tulis nama kategori tulisan. Akan terlihat juga nama-nama kategori yang telah ada.
  7. Cek sekali, pastikan tak ada salah ketik atau salah format.
  8. Klik Terbitkan halaman atau Publish page di sudut kanan atas jendela editor.
  9. Akan tampil satu jendela, tulis ringkasan apa yang telah Anda buat. Kalau hanya memasukkan artikel baru, tulis judul artikel tsb. Kalau misalnya hanya sekedar menambah sub-judul tertentu tulis tambah sub-judul tertentu. Kalau mis. koreksi salah ketik, tulis koreksi salah ketik.
  10. Klik di Terbitkan halaman. Selesai.

Visual Editor menu bar (edit modus).png

Menyunting artikel yang sudah ada[bulö'ö | bulö’ö kode]

  1. Klik pada tombol bernama Bulö'ö di bagian atas kanan jendela tulisan (no 1 dalam gambar di atas). Atau kalau sekedar mencari tulisan yang telah ada dan lihat entah ada yang bisa diperbaiki, pergi ke Olayama dan klik Gofu nga'örö di daftar menu sebelah kiri.
  2. Akan terbuka jendela editor. Pastikan Anda berada pada modus visual editing. Kalau tidak, tekan lagi tombol Bulö'ö tadi.
  3. Tekan isi tulisan (no 4 dalam gambar). Buat perubahan yang Anda kehendaki.
  4. Klik Terbitkan perubahan atau Publish page di sudut kanan atas jendela editor (no 5 di gambar).
  5. Akan tampil satu jendela, tulis ringkasan apa yang telah Anda buat. Kalau hanya memasukkan artikel baru, tulis judul artikel tsb. Kalau misalnya hanya sekedar menambah sub-judul tertentu tulis tambah sub-judul tertentu. Kalau mis. koreksi salah ketik, tulis koreksi salah ketik.
  6. Klik di Terbitkan perubahan. Selesai.